Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Motor Jarang Dipakai Selama Pandemi, Ini Tips Merawatnya Biar Tidak Rusak

Salah satu perawatan motor selama pandemi adalah mencucinya (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Saat pandemi, banyak motor yang jarang digunakan oleh pemiliknya. Pasalnya, semasa pandemi ada pembatasan aktivitas sehingga banyak orang yang jarang menggunakan motornya, seperti sebelumnya.

Meski jarang dipakai, namun kendaraan ini tentunya harus perlu mendapat perawatan biar tidak rusak. Berikut ini ada beberapa tips merawat sepeda motor kamu selama masa pandemi, seperti dikutip dari laman astramotor.co.id.

1. Cucilah sepeda motor kamu secara teratur.

 

Langkah yang pertama adalah  membersihkan seluruh bagian sepeda motor dimulai dari mesin hingga lantai jok. Tidak hanya akan menghemat uang kamu, mencuci sepeda motor sendiri juga dapat membantu kamu memeriksa kerusakan seperti lecet pada  bagian mesin atau bodywork yang merembes melalui oli, minyak rem, atau cairan radiator.

Baca juga: Jangan Diamplas, Ini Cara yang Benar Merawat Busi Motor

2. Pelumas

Melumasi bagian yang berkarat atau rawan karat. Misalnya, sprocket atau bagian-bagian yang akan bergesekan lainnya.

3. Pemanasan Mesin

Panaskan motor setiap hari selama 3 sampai 4 menit, hingga suhu operasi mesin mencapai 80-100 derajat Celcius. Tujuan dari pemanasan mesin adalah untuk menjaga kelancaran sirkulasi oli di dalam mesin.

4. Pemeriksaan Oli

Langkah perawatan mesin yang simple lainnya adalah memeriksa kondisi oli. Caranya adalah dengan mencelupkan dipstik, batang besi berbentuk pipih, ke dalam penyimpanan oli untuk melihat apakah jumlah oli sudah cukup atau justru kurang. Jika oli hampir habis atau bahkan sudah habis, jangan khawatir. Kamu bisa memesan oli melalui aplikasi Motorku X.

5. Pemeriksaan Aki

Selain oli, penting juga untuk memeriksa baterai aki. Periksa level air aki secara rutin. Triknya adalah dengan melihat jumlah debit air aki, atau lebih dikenal dengan istilah upper lower pada dinding baterai. Apabila terjadi pengurangan air aki, kamu bisa menambahkannya dengan cara mengisinya kembali.

Walaupun motor jarang terpakai dan lebih sering berdiam di rumah, pastikan kamu melakukan beberapa cara perawatan di atas agar motor kamu selalu dalam kondisi yang optimal agar siap pakai sewaktu-waktu kamu ingin berpergian.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Comments
Loading...