Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kasus Covid-19 Muncul Lagi di Pati, Bupati: Belum Tahu Omicron atau Tidak

Kasus Covid-19 Muncul Lagi di Pati, Bupati: Belum Tahu Omicron atau Tidak
Ilustrasi: Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pati. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Kasus Covid-19 kembali ditemukan di Kabupaten Pati. Itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto di acara Diseminasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa 2022 di Pendopo Kabupaten, Rabu (26/1/2022).

Kasus itu ditemukan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Pihaknya sendiri sudah melakukan tracking dan tracing pada keluarga pasien serta meminta mereka isolasi mandiri.

“Ini ada temuan. Di Juwana. Ada satu lalu saya suruh tracking keluarganya ada sekitar enam atau tujuh orang. Terus yang positif dua. Terus saya suruh isolasi. Kami belum tahu Omicron atau biasa,” ungkap Haryanto.

Pihaknya juga mengirim sampel kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar diteliti. Ia tidak mau kasus ini menjadi awal mula gelombang ketiga Covid-19 seperti yang terjadi pada bulan Juni dan Juli 2021 lalu.

Baca juga: Tegas! Bupati Pati Lakukan ini Bila Ada Klaster Covid di Sekolah

“Ini sudah saya kirim sampelnya ke pusat untuk diteliti,” kata Haryanto.

Menurutnya, gelombang Covid-19 pada tahun lalu mula-mula berasal dari temuan satu-dua kasus. Lalu menyebar dan meningkat hingga menjadi klaster dan menjadi gelombang pandemi Covid-19.

“Bulan Juni juga sama dulu di Gabus. Awal satu-dua kemudian banyak,” ujar dia.

Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk mau divaksin. Ia menilai vaksinasi merupakan salah satu cara agar pandemi Covid-19 mereda. Vaksinasi dapat membuat kekebalan orang meningkat.

“Saya titip. Yang lansia baru vaksinasi pertama 65 vaksinasi kedua 40 persen. Umum 81 persen. Mohon dukungannya agar puskesmas bisa jemput bola. Kita harus jemput bola. Ini harus hati-hati,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...