Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO DIY

Raja Kesultanan Ngayogyakarta Kekeh Merelokasi PKL Malioboro Pekan Ini

Raja Kesultanan Ngayogyakarta Kekeh Merelokasi PKL Malioboro Pekan Ini
Sri Sultan hamengku Buwono (cnnindonesia.com)

MURIANEWS, Yogyakarta- Raja Kesultanan Ngayogyakarta yang juga sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono, kekeh merelokasi pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sepanjang Jalan Malioboro.  Rencananya, relokasi itu akan dimulai pekan depan.

Sultan juga mengatakan, kebijakan relokasi oleh Pemda DIY bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta ini sudah bulat, sehingga tidak bisa diganggu gugat lagi.

“Ya jadi, ya (relokasi tetap jalan). Aku wes ngenteni 18 tahun le pindah, dadi ora mung mundur 3 tahun (Saya sudah nunggu 18 tahun untuk pindah, jadi enggak cuma mundur 3 tahun),” kata dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (25/1/2022).

Baca: Dilaunching di Yogya, PKL Malioboro Sumringah Terima Bantuan Rp 1,2 Juta dari Presiden

Sultan juga mengaku sudah menanti cukup lama untuk relokasi PKL sepanjang jalan malioboro itu. Pihaknya juga sudah menyiapkan lahan yang representatif untuk nantinya ditempati para PKL tersebut.

Sultan juga menegaskan bahwa sepanjang jalan Malioboro itu bukan fasilitas untuk berjualan.

Baca: PPKM Darurat, Malioboro Dipastikan Gelap Gulita Mulai Pukul 20.00

“Karena tempat itu bukan milik dia, (tapi) milik toko sama milik pemerintah. Bukan untuk fasilitas kaki lima,” katanya.

Saiki iso (sekarang bisa), kenapa besok?” ujar Sultan.

Berdasarkan data yang dihimpun, setidaknya ada sebanyak 1.700 PKL yang bakal dipindah ke dua lokasi berbeda, yakni bekas Gedung Bioskop Indra, Ngupasan, Gondomanan dan satu lahan bersifat sementara di bekas Kantor Gedung Dinas Pariwisata DIY.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...