Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Ancam Desa yang Tak Capai Target Vaksinasi, Ini Ancamannya

Seorang warga mendapatkan pelayanan di Kantor Kepala Desa Margorejo Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo ancam pemerintah desa yang tak mencapai target vaksinasi 75 persen di wilayahnya. Capaian itu harus diperoleh selambat-lambatnya pada akhir pekan pertama Februari 2022.

Adapun ancaman yang dilemparkan pada pemerintah desa, yakni Pemkab akan menangguhkan pencairan Alokasi Dana Desa, Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, dan Bantuan Keuangan untuk Desa.

Ketetapan tersebut, telah didok Bupati Hartopo dalam Surat Edaran Bupati nomor 443.4/315/13.00/2022 perihal akselerasi vaksinasi Covid-19 bagi penduduk lanjut usia.

Saat dikonformasi, Hartopo membenarkan surat tersebut. Ia mengatakan, surat edaran itu bertujuan untuk memotivasi pemerintah desa agar mempercepat pelaksanaan vaksinasi lansia di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Masul Level 1, Kudus Dekati New Normal

“Memang benar, itu tujuannya untuk memotivasi mereka agar dipercepat vaksinasi lansia di desanya masing-masing,” kata Bupati Hartopo, Selasa (25/1/2022).

Bupati berharap, dengan adanya ketetapan tersebut, desa-desa bisa semakin terpacu untuk meningkatkan capaian vaksinasi lansianya. Dengan begitu capaian kekebalan komunal di Kabupaten Kudus segera terbentuk.

“Kalau tidak nanti dana desanya nanti dulu dicairkannya, kalau bisa seratus persen malah bagus nanti,” pungkasnya.

Kepala Desa Margorejo Dawe Kudus, Sumirkan menyampaikan jika pihaknya telah mengupayakan capaian peningkatan vaksinasi di wilayahnya. Vaksinasi door to door pun akan diefektifkan kembali.

“Mau tidak mau itu kebijakan daerah sehingga kami akan mencoba mencapainya semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Kabupaten Kudus sendiri, kini masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 05 Tahun 2022 terbaru.

Kudus, dianggap telah sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen untuk melengkapi pelaksanaan pada level tersebut. Termasuk di antaranya capaian vaksinasi lanjut usia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...