Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jelang Imlek, Umat Tridharma Welahan Jepara Sucikan Kelenteng

Umat Tridharma menjemur abu peribadatan di Kelenteng Hian Thian Siang Tee. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jelang perayaan tahun baru Imlek, umat Tridharma Jepara membersihkan atau menyucikan tempat peribadatannya. Salah satunya, terlihat di Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Kecamatan Welahan.

Puluhan orang tampak sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang menggunakan kuas untuk membersihkan patung-patung dewa, sapu untuk membersihkan lantai, dan menjemur abu bekas peribadatan.

Abu dijemur di atas tampah-tampah besar. Kebetulan, langit Welahan sedang terik-teriknya. Umat Tridharma di sana sangat teliti dalam mensucikan segala piranti peribadatan. Tak boleh ada satupun yang tertinggal atau lupa disucikan.

Baca juga: Jelang Imlek, Umat Konghucu Grobogan Bersihkan Patung Dewa

Suasana bersih-bersih Kelenteng sangat ramai. Karena tak hanya umat di Jepara saja yang hadir. Melainkan dari berbagai daerah, seperti dari Kudus, Pati, Banjarnegara, Tuban, Semarang sampai Jakarta.

Ketua Yayasan Pusaka, Dicky Sugandhi, menyampaikan bersih-bersih Klenteng sudah menjadi agenda rutin atau tradisi setiap kali jelang perayaan Imlek.

“Kami sesuai dengan adat tradisi leluhur. Satu minggu sebelum tahun baru Imlek. Kami membersihkan arca-arca, ruang dan abu sarana untuk beribadah,” kata Gandhi, Selasa (25/1/2022).

Pada tahun baru Imlek kali ini, Gandhi berharap supaya bangsa Indonesia bisa segera terbebas dari wabah Covid-19, sehingga masyarakatnya bisa lebih makmur dan sejahtera.

Agenda bersih-bersih ini dilakukan selama dua hari. Satu hari di Kelenteng Hok Tek Bio. Satu hari lagi di Kelenteng Hian Thiam Siang Tee. Tak hanya menyucikan kelenteng, umat Tridharma juga menjalankan ibadah di sana.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...