Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perubahan Pelat Hitam Menjadi Putih Tidak Dipungut Biaya

ilustrasi pergantian plat nomor menjadi putih (cnnindonesia.com)

MURIANEWS, Jakarta- Polri memastikan bahwa perubahan pelat nomor kendaraan yang semula hitam menjadi putih tidak akan dipungut biaya. Proses perubahannya pun tidak harus dilakukan secepat mungkin, melainkan bisa berbarengan dengan proses penggantian plat lima tahunan.

“Agar tidak membebani masyarakat saat pergantiannya dilakukan ketika TNKB itu sudah dinyatakan tidak berlaku lagi (misal ada perubahan, balik nama, dan sebagainya) dan/atau ketika masa berlakunya TNKB sudah habis dan/atau untuk kendaraan baru,” ujar Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin dilansir dari detik.com, Selasa (25/1/2022).

Dia juga mengakui bahwa perbedaan masa berlaku TNKB itu menjadi alasan pergantian pelat tidak bisa serempak. Nantinya, dia menyebut di jalanan akan terlihat warna-warni pelat hitam dan putih.

Baca: Tak Berkutik saat Melanggar, Plat Nomor Kendaraan Baru Bakal Dipasang Chip

“Yang dimaksud dengan TNKB sudah saatnya diganti, satu, untuk kendaraan baru, yang kedua untuk kendaraan yang mengalami perubahan misalnya perubahan kepemilikan balik nama kan otomatis nopol yang lama dinyatakan tidak berlaku karena nopolnya itu diganti otomatis TNKB juga diganti,” kata Taslim.

Baca: Material Plat Nomor Kendaraan Habis, Berkah atau Masalah?

“Yang kedua kendaraan yang TNKB-nya sudah berlaku 5 tahun, artinya dia harus melaksanakan regident pengawasan perpanjangan STNK 5 tahun. Nah terhadap kendaraan yang perpanjangan STNK 5 tahunan artinya TNKB-nya itu sudah habis, TNKB-nya karena habis masa berlakunya maka materialnya juga kita ganti dengan material baru dengan warna dasar putih tulisan hitam,” tambahnya.

Tidak hanya sampai di situ, pelat putih tersebut nantinya juga akan dipasangi chip berupa radio frequency identification (RFID).

Baca: Antrean Pelat Nomor Kendaraan di Jepara Capai 20 Ribu

“Chip tersebut memang benar akan ada ke depannya, apalagi sekarang sudah Revolusi 4.0,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...