Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gegara Knalpot Brong, 497 Pengendara di Blora Ditindak

Gegara Knalpot Brong, 497 Pengendara di Blora Ditindak
Kasat Lantas AKP Edi Sukamto memotong knalpot brong hasil penindakan sejak awal Januari di Halaman Kantor Satlantas Polres Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Penindakan terhadap penggunaan knalpot brong di wilayah hukum Polres Blora mencapai 497 kali. Knalpot milik pelanggar itu pun disita dan dimusnahkan.

Adapun pemusnahannya dilakukan di kantor Satlantas Polres Blora, Senin (24/1/2022). Dalam pemusnahan itu dipimpin langsung Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah.

Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Supriyo, Kasat Lantas AKP Edi Sukamto, Kaur Bin Ops Iptu Yogo, Kanit Kamsel Ipda Sigit, dan Kanit Gakkum Ipda Niam.

“Sat Lantas Polres Blora telah menindak sebanyak 497 pelanggaran. Penindakan pelanggaran knalpot tidak standar ini dilaksanakan Sat Lantas Polres Blora karena adanya keluhan dan aduan dari Masyarakat,” kata Kapolres Blora.

Aan mengatakan, hasil penindakan itu dilakukan pada periode 1 – 22 Januari 2022. Kegiatan dilakukan dalam rangka mewujudkan Jateng Zero Knalpot Brong.

Menurutnya, penindakan knalpot tidak standar ini dilaksanakan sesuai UU no 22 tahun 2009. Yakni pasal 285 (1) jo 106 (3).

Adapun bunyinya, setiap pengendara yang tidak memenuhi persyaratan teknik dan laik jalan, meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, knalpot, alat pengukur kecepatan, dan kedalaman alur ban.

Pelanggarnya dapat dipidana kurungan paling lama satu Bulan atau denda paling banyak Rp.250.000,00.

Baca juga: Satlantas Polres Blora Amankan Ratusan Motor Berknalpot Brong

Kapolres menambahkan penindakan ini akan terus dilaksanakan Sat Lantas Polres Blora untuk menciptakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polres Blora serta mewujudkan Blora zero knalpot brong.

“Disamping melaksanakan penindakan Sat Lantas Polres Blora bersama stake holder akan terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan tentunya protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19,” imbuh Kapolres Blora.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemusnahan knalpot brong dengan menggunakan mesin grinda.

“Kepada masyarakat agar saling menghormati antar pengguna jalan, terutama agar masyarakat tidak menggunakan knalpot brong karena sangat meresahkan dan menganggu kenyamanan warga, ” pungkasnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...