Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Segera Operasikan Mesin Tes RT-PCR Baru

Mesin Tes RT-PCR Kudus yang Baru Segera Dioperasikan
Dua petugas lab tengah bekerja di dalam laboratorium biomolekuler RSUD Loekmono Hadi Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus memiliki mesin tes Real Time Polymerase Chain Reaction-nya (RT-PCR) yang baru. Saat ini, mesin itu tinggal menunggu verifikasi dari Dinkes Provinsi Jateng untuk bisa dioperasikan.

Mesin tersebut, dibeli Pemkab Kudus pada akhir 2021. Saat ini ditempatkan di laboratorium biomolekuler di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pemkab Kudus.

“Saat ini masih menunggu verifikasi dari Pemprov Jateng, semoga bisa segera terpakai,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (24/1/2022).

Ketika nanti telah diverifikasi, Hartopo menjamin kecepatan pengujian sampel pasien suspek akan lebih cepat. Dengan begitu, keluarga pasien tidak perlu was-was dengan hasil yang lama.

“Paling tidak bisa empat jam hasilnya sudah keluar,” imbuhnya.

Baca juga: Ini Kata Pemerhati Covid Kudus untuk Cegah Omicron

Adanya mesin RT-PCR baru juga diharapkan bisa mendongkrak tracing dan testing Covid-19 di Kota Kretek. Dengan begitu, target harian testing yang mencapai 100 hingga 150 bisa tercapai.

Kabupaten Kudus sendiri, sudah memiliki satu set mesin RT-PCR bantuan pihak swasta. Mesin tersebut kini terletak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus. Di mana per harinya, mesin tersebut bisa menguji ratusan sampel pasien.

Untuk mencegah lonjakan kasus akibat varia Omicron, Pemerintah Kabupaten Kudus kembali menyiagakan ratusan kamar isolasi terpusatnya di sejumlah titik.

Salah satu yang disiap siagakan kini adalah Asrama Akademi Kebidanan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus. Dengan jumlah kapasitas sebanyak 96 tempat tidur.

Selain menyiagakan isoman terpusat di Akbid Kudus, isoman terpusat lain seperti di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kudus juga disiagakan. Isoman terpusat di desa-desa kini juga diminta untuk disiagakan kembali.

Kemudian, penyiapan 59 ruang perawatan untuk pasien Covid-19 juga turut disiagakan kembali di RSUD Loekmono Hadi. Sepuluh tempat tidur ICU Covid-19 juga telah disiapkan. Ketika nanti kondisi semakin parah, maka kapasitas ruang perawatan dan ICU akan dilipatgandakan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...