Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Lapor SPT Pajak, Warga Kudus Wajib Tahu

Ini Cara Lapor SPT Pajak, Warga Kudus Wajib Tahu
Warga mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Layanan lapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus sudah ada sejak awal 2022. Warga kudus bisa menggunakan layanan itu untuk mengetahui pelaporan STP pajaknya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus, Muhammad Andi Setijo Nugroho mengatakan pelaporan SPT online dapat dilakukan dengan mengisi melalui e-Filling. Menurutnya, wajib pajak dapat mengisi secara pribadi menggunakan e-Filling maupun datang langsung ke kantor pajak Kudus.

Ada beberapa tahapan untuk mengisi SPT Tahunan online, yakni, dengan mengakses laman https://djponline.pajak.go.id/. Kemudian Wajib Pajak memasukkan NPWP, password, dan kode keamanan berupa captcha. Setelah itu tinggal klik login.

“Setelah itu tinggal klik login dan pilih layanan e-Filling. Kemudian pilih buat SPT,” kata Andi, Senin (24/1/2022).

Baca juga: KPP Pratama Kudus Beberkan Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Setelah itu wajib pajak diminta mengisi beberapa pertanyaan. Mulai jenis usaha, pekerjaan, penghasilan, jumlah harta, dan pertanyaan lainnya.

Setelah semua data diisi, wajib pajak diminta untuk klik menu ‘berikutnya’. Setelah itu di layar akan muncul ringkasan SPT dari yang bersangkutan beserta kode verifikasi.

“Setelah semua selesai, klik tulisan yang tertera kirim SPT. Kalau sudah, Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan akan dikirim ke email Wajib Pajak,” ungkapnya.

Andi mengajak wajib pajak di Kudus untuk lapor SPT Tahunan. Terlebih pelaporan SPT Tahunan sudah dibuka sejak awal Januari.

“Untuk Wajib Pajak di Kudus mari segera lapor SPT Tahunan. Karena KPP Pratama Kudus sudah membuka sejak 3 Januari 2022 lalu,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...