Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kreatif! Perempuan di Kudus Ini Sulap Stocking jadi Kerajinan Bunga Hias

 

Kreatif! Perempuan di Kudus Ini Sulap Stocking jadi Kerajinan Bunga Hias
Dwi Safitri bersama bunga hias dari stocking yang dibuatnya (MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Siapa sangka, stocking ternyata bisa dipakai sebagai bahan pembuatan kerajinan bunga hias. Seperti yang dilakukan perempuan Kudus bernama Dwi Safitri.

Perajin bunga hias ini berdomisili di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus. Di kediamannya itu, Dwi tampak duduk sambil membungkus rapi kerajinan bunga hias hasil kreatifitasnya. Deretan bunga hias berbahan dasar stocking memenuhi ruang tamu pemilik usaha yang diberi label Dwi Safitri Craft tersebut.

Dwi mengatakan, kreasi bunga hias berbahan dasar kain stocking masih jarang ditemui di kota Kudus. Selain itu, kerajinan seperti ini jarang ada yang melirik.

Baca juga: Perhiasan Emas Kuno yang Ditemukan di Banjarejo Grobogan Ternyata Replika Bunga Padma

Dwi menceritakan, sebelumnya, ia berprofesi sebagai penjahit pakaian. Awal mula menekuni usaha ini berlangsung Ketika perekonomian keluarganya terdampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dia langsung mencari peluang lain untuk memperoleh penghasilan tambahan. Berawal dari melihat postingan di Facebook tentang kreasi bunga stocking, dia pun mulai tertarik untuk belajar dan membuatnya.

Dia merasa kreasi bunga tersebut unik dan jarang ada di pasaran. Dengan keyakinanya itu, dia dapat menggeluti kreasi tersebut yang masih berlangsung hingga kini.

Dwi mulai memperkenalkan usahanya pada Februari 2021 lalu. Hasil karyanya yang sudah jadi itu diunggah di beberapa akun media sosial dan percakapan miliknya.

”Saat itu saya sambil belajar. Setelah jadi saya langsung posting hasil karya ke story Whatsapp dan Facebook. Alhamdulillah, ada yang tertarik,” terangnya.

Bunga hias dari stocking bikinannya mulai ramai orderan tahun lalu. Yakni, saat menjelang momen hari Raya Idul Fitri.

Pada saat awal, Dwi mengaku sempat kesulitan mencari bahan baku untuk membuat bunga hias tersebut di Kudus. Terpaksa, ia pun harus beli bahan dari luar kota.

”Dulu tidak ada yang jual bahan stocking di Kudus, jadi saya beli bahan secara online dari luar kota,” ujarnya.

Saat ini, Dwi dapat menghasilkan satu sampai dua pot bunga dalam satu hari dia. Hal ini, tergantung dari besar atau kecil ukuran dan kerumitan pola yang diinginkan pelanggan.

Kreasi bunga milik Dwi ini harganya bervariasi. Yakni, mulai Rp 25 ribu untuk ukuran kecil hingga Rp 200 ribu untuk ukuran pot yang besar.

Harga kreasi bunga stocking tergantung pada kerumitan pola, ukuran, dan seberapa banyak bahan yang dipakai. Dia mengatakan, selain di Kudus, hasil karya bunga stocking miliknya sudah pernah dipasarkan sampai ke beberapa kota.

”Pernah dapat orderan dari daerah Kota Jepara dan Jogja,” ucapnya.

Untuk membuat kreasi bunga stocking tidak terlalu sulit. Menurut Dwi, modal yang terpenting adalah mau belajar dan konsisten.

Dia berharap, kreasi bunga stocking dapat lebih di kenal masyarakat, khususnya masyarakat Kudus. Kemudian, ia juga berharap agar usahanya dapat berjalan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...