Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Fakta Istimewa di Indonesia yang Bikin Orang Asing Terkesima, Ini Daftarnya

Fakta Istimewa di Indonesia yang Bikin Orang Asing Terkesima, Ini Daftarnya
Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Indonesia memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “berbeda-beda, tetapi tetap satu”. Semboyan ini menggambarkan keragaman sosial budaya di Indonesia yang membentuk negara kesatuan.

Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama. Selain itu, Indonesia merupakan kawasan alam pendukung keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Di antara fakta yang dimiliki Indonesia ini, ternyata ada yang membuat terkesima orang asing. Terutama, para mahasiswa dari Eropa dan Amerika.

Baca juga: Melihat Serunya Tenis Kebhinekaan di Grobogan yang Diikuti Berbagai Elemen Masyarakat

Soalnya, fakta yang di Indonesia ini jarang atau bahkan tidak dimiliki di negara asalnya. Tentu saja, fakta ini akan memberikan pengalaman mengesankan bagi mereka.

Dilansir dari viva.co.id (21/01/2022), pengalaman terhadap fakta yang dimiliki Indonesia tersebut akan terkesan biasa saja untuk warga lokal. Nah, menyadur dari 12go.asia, berikut ulasan selengkapnya mengenai fakta Indonesia di mata orang bule:

1. Indonesia Merupakan Rumah untuk Lebih dari 100 Spesies Hewan yang Terancam Punah

Indonesia merupakan sebuah tempat untuk bermain bagi hewan-hewan yang semakin langka, eksotik, dan cantik, tapi perlahan-lahan mencapai tingkat kepunahan yang sangat berbahaya. Satwa-satwa tersebut adalah Harimau Sumatera, Badak Jawa, Komodo, Orang Utan, Anoa, Merak, Penyu, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, yang membuat heran lagi, walaupun Indonesia hanya membentuk 1 persen dari luas daratan di Bumi, tapi hutan hujannya adalah rumah untuk 10 persen spesies tumbuhan yang terkenal di seluruh dunia, 12 persen spesies mamalia ada di Indonesia, dan ada sekitar 17 persen dari seluruh spesies burung yang diketahui. Maka dari itu, fakta Indonesia yang satu ini sangat menarik perhatian para bule untuk mendatanginya.

2. Bunga Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

 

Fakta Indonesia berikutnya adalah bunga Raflesia Arnoldi yang terkenal dengan bau busuknya saat mekar adalah bunga terbesar di dunia. Bunga berukuran besar ini mayoritas tumbuh di hutan hujan Indonesia dan sangat sulit untuk ditemukan. Setelah berbulan-bulan kuncupnya berkembang, bunga ini hanya akan mekar dalam beberapa hari saja.

Raflesia Arnoldi memiliki lima kelopak dan tidak mempunyai batang atau daun yang bisa diteliti. Bunga ini bisa tumbuh sampai ukuran 3 kaki dan beratnya mencapai 10 kilogram. Bunga unik ini ditemukan oleh seorang ahli botani dan penjelajah Italia, Dr Odoardo Beccari tahun 1878 di hutan hujan Pulau Sumatera bagian tengah.

3. Rumah Bagi lebih dari 700 Bahasa dan Dialek Berbeda

Laman resmi Kemdikbud melaporkan bahwa jumlah bahasa di Indonesia ada sekitar 719 bahasa daerah dan 707 di antaranya masih aktif digunakan oleh masyarakat. Dengan bahasa Indonesia adalah bahasa resmi untuk masyarakat. Provinsi pemilik bahasa terbanyak di Indonesia diduduki oleh Papua dengan sekitar 326 bahasa. Jumlah penduduk di Indonesia saat ini sekitar 269 juta jiwa dan Indonesia juga menjadi negara mayoritas Muslim.

4. Garis Pantai Terpanjang Kedua di Dunia

Dengan panjang mencapai 55.716 kilometer, garis pantai dengan pinggiran pohon palem dan dikelilingi dengan karang, fakta Indonesia menempati urutan kedua sebagai pemilik garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Jumlah pulau di Indonesia sendiri mencapai 16.771 menurut laman KKP. Sehingga ini adalah alasan mengapa garis pantai di Indonesia bisa panjang.

5. Tempat Mengamati Komodo di Alam Liar

 

Komodo adalah sebuah spesies kadal terbesar di dunia dan makhluk ini memiliki panjang 3 meter. Komodo memiliki ciri khas yang ganas, bersisik dan hanya ada di Indonesia. Hewan ini sebenarnya sangat menakutkan karena memiliki air liur beracun, perawakan besar, dan termasuk hewan karnivora. Mereka tidak jarang berburu dan membunuh hewan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya, termasuk manusia.

6. Rumah untuk Candi Buddha Terbesar di Dunia

 

Fakta Indonesia berikutnya adalah memiliki candi Buddha terbesar di dunia. Dibangun sejak abad ke-9, Candi Borobudur berada di Jawa Tengah dan merupakan candi terbesar di dunia dengan memiliki 1.460 panel relief di dindingnya sekaligus menjadi koleksi relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia.

Candi ini juga memiliki 504 patung Buddha yang didedikasikan untuk Sang Buddha. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat ziarah yang dimulai dari pangkalan, mengikuti jalan setapak candi, dan naik melalui tingkat yang mewakili kosmologi Buddhis.

7. Orang Indonesia Sangat Ramah

 

Fakta Indonesia yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat luar negeri. Orang Indonesia memang sangat ramah dengan orang-orang yang baru mereka temui, terlebih untuk orang asing. Ketika para bule bertanya di jalan, tentunya akan banyak orang Indonesia yang bersedia mengantarkan ke tujuan. Keramahan ini jarang bule temui di negara lain sampai membuat heran.

8. Negara Berkembang Pertama yang Mengoperasikan Satelit Domestik

 

Negara yang sangat kaya ini menyimpan berbagai rekor menarik di kancah internasional. Usai merilis satelit Palapa pada 8 Juli 1976, Indonesia menjadi negara berkembang pertama di dunia yang melakukan sistem satelit domestiknya sendiri. Palapa merupakan satelit komunikasi suksesi milik Indosat, salah satu perusahaan telekomunikasi Indonesia.

 

Penulis: Chambali
Editor: Dani Agus
Sumber: viva.co.id

Comments
Loading...