Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO KAMPUS

Dosen UMK Diah Kurniati Raih Gelar Doktor

Dosen UMK Diah Kurniati Raih Gelar Doktor
Dosen UMK, Diah Kurniati saat ujian promosi Doktor di Unnes. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Salah satu dosen Universitas Muria Kudus (UMK), Diah Kurniati meraih gelar Doktor di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (21/1/2022).

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus (FKIP UMK), itu resmi menyandang doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya.

Adapun disertasinya, berjudul ‘The Effectiveness of Mnemonics for Teaching Basic English Communication (BEC) to The Eighth Grade Intellectually Disabled Students with Different Parental Involvement Levels (The Case at SMPLB N Purwosari Kudus)’.

Baca juga: Sri Surachmi, Dosen UMK Raih Doktor di UNJ

Jika diterjemahkan, yakni efektifitas penggunaan mnemonic untuk pengajaran dasar komunikasi bahasa Inggris bagi siswa penyandang disabilitas intelektual kelas VIII dengan tingkat keterlibatan orang tua yang berbeda. Kasus yang didiskusikan itu berada di SMPLB N Purwosari Kudus.

Mnemonic sendiri adalah sebuah teknik atau metode untuk mempermudah dalam mengingat sesuatu. Dalam ujian terbuka promosi Doktor itu Diah Kurniati lulus dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,84.

Ia kini tercatat sebagai Doktor ke 692 Unnes dan Doktor ke 136 di Prodi Ilmu Pendidikan Bahasa pada Pascasarjana Unnes, dengan lama studi 4 tahun 4 bulan.

Saat disertai, Diah Kurniati dipromotori, Prof Dr Dwi Rukmini MPd, Co-Promotor Prof Dr Mursid Saleh MA PhD dan anggota Promotor Dr Dwi Anggani Linggar Bharati MPd.

Dalam ujian promosi Doktor itu, ia diuji langsung oleh Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum sebagai ketua penguji. Kemudian Prof Dr Agus Nuryatin Mhum selaku sekretaris penguji dengan anggota penguji yaitu Prof Dr Sukarno Msi, Sri Wuli Fitriati MA PhD, Prof Dr Januarius Mujiyanto Mhum, Dr Dwi Anggani Linggar Bharati MPd, Prof Dr Mursid Saleh MA PhD, dan Prof Dr Dwi Rukmini MPd.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses yang panjang, saya berhasil mempertahankan disertasi ini,” katanya.

Dia mengemukakan, disertasi yang digarapnya bertujuan untuk mengetaui efektivitas strategi konvensional, strategi picture mnemonic, dan strategi grouping mnemonic dalam pengajaran Bahasa Inggris Dasar (BEC) pada peserta didik dengan keterbatasan intelektual, yang diinteraksikan dengan tingkat keterlibatan orang tua berbasis rumah.

“Subyek penelitian saya yaitu peserta didik kelas VIII SMPLB N Purwosari Kudus. Berdasarkan hasil penelitian, penting adanya interaksi antara strategi mengajar konvensional, picture mnemonic, dan grouping mnemonic dengan tingkat keterlibatan orang tua berbasis rumah, pada penguasaan Bahasa Inggris dasar bagi peserta didik dengan keterbatasan intelektual,” tuturnya.

Menurut istri dari Budi Utomo SPd Msi dan ibu dari Firstly Najmi Ulya Maritza dan Ahmad Revano ini, hasil penelitiannya bermanfaat untuk meningkatkan literatur terkait efektivitas picture mnemonic dan grouping mnemonic dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk peserta didik dengan keterbatasan intelektual, yang diinteraksikan dengan tingkat keterlibatan orang tua berbasis rumah, yang selama ini belum terungkap dalam studi pendahuluan sebelumnya.

“Sedang manfaat bagi masyarakat, ini bisa digunakan sebagai referensi dan panduan mengajar bagi guru Bahasa Inggris, khususnya bagi mereka yang mengajar di sekolah khusus dan sekolah inklusi, dalam mengimplementasikan picture mnemonic dan grouping mnemonic, mengingat mnemonik telah terbuti efektif untuk meningkatkan memori peserta didik dengan keterbatasan intelektual,” tuturnya.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...