Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil Bau Asap Rokok Bikin Pusing, Ini Tips Menghilangkannya

Mobil Bau Asap Rokok Bikin Pusing, Ini Tips Menghilangkannya
Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Bagi pemilik mobil, penting untuk memerhatikan faktor kenyamanan kendaraanya. Tidak hanya mesin, tetapi juga kenyamanan di dalam kendaraan.

Misalnya, jangan sampai tercium bau tidak sedap saat berada dalam kendaraan. Meski terkesan remeh, bau yang tidak sedap dalam mobil akan menjadikan perjalanan terganggu.

Aroma tidak enak dapat terjadi karena beberapa sebab, salah satunya disebaban asap rokok. Merokok dalam mobil tidak baik, selain menyebabkan aroma tidak sedap karena interior mobil terkena bara rokok, juga berisiko terjadinya kebakaran.

Baca juga: Rokok Ilegal Selundupan dari Jepara Dicegat Bea Cukai di Tol Semarang

Bara rokok yang menyentuh interior akan meninggalkan aroma asap rokok. Bau ini terkadang dapat menyebabkan sesak napas.

Ada sejumlah cara agar aroma tersebut hilang. Mengutip dari situs auto2000.co.id, di bawah ini adalah cara mudah menghilangkan bau rokok.

Bagi perokok penting untuk menyediakan tong sampah berukuran kecil dalam mobil. Konsekuensinya, saat membuang punting ke tong sampah itu, harus rutin membuang isinya setiap hari.

Selain itu, usahakan tong sampah jangan sampai ada isinya agar menjaga aroma dalam mobil. Setelah itu bersihkan interior mobil menggunakan cairan pembersih khusus mobil seperti karpet, langit-langit kabin, kursi karena bau rokok dapat menempel di sana.

Saat menggunakan cara itu gagal, coba gunakan penghilang bau berbahan enzim. Dengan kandungan enzim di dalamnya, bau tak sedap asap rokok dapat cepat menghilang.

Aroma yang ditimbulkan dari asap rokok juga dapat masuk ke dalam sistem sirkulasi udara. Untuk menghilangkannya, pemilik mobil dapat memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka.

Setelah itu nyalakan mesin mobil dengan pintu terbuka dan tunggu beberapa menit hingga bau rokok keluar dari kabin. Sirkulasi dapat juga bersumber dari AC mobil dan pastikan tidak ada bau yang tersisa dalam mobil saat AC menyala.

Menggunakan cara alami untuk menghilangkan bau tidak sedap juga dapat menjadi solusi. Bahan alami yang dimaksuda adalah bubuk kopi, kulit jeruk, cuka, arang , the celup bahkan baking soda.

Bahan-bahan tersebut memiilki cara sendiri, untuk bub kopi, kulit jeruk dan teh celup cukup taruh di dalam kabin mobil. Sementara baking soda dapat ditaburkan di bagian karpet, bawah dashboard hingga bawah jok kemudian diamkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Untuk arang, dapat memotongnya beberapa bagian kecil dan taruh di beberapa sudut mobil. Menggunakan arang memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan efek maksimal.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...