Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siap-Siap, 4 Jenis Bansos yang Bakal Cair Awal Tahun Ini

Salah satu penerima BLT Dana Desa tengah menunjukkan uang tunai yang diterimanya. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Jakarta- Berdasarkan pertimbangan pemulihan ekonomi nasional (PEN) pemerintah memutuskan untuk melanjutkan pemberian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat. Agar lebih cepat tersalurkan, beberapa bansos pun rencananya akan cair pada awal tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah bansos diprioritaskan cair pada awal tahun, atau setidaknya pada kuartal I 2022. Hal itu setelah mendapatkan persetujuan dari presiden Jokowi terkait beberapa program yang di-frontloading pada tahun 2022.

Berikut ini adalah 4 bansos yang bakal cair:

1. Subsidi Bunga KUR

Pemerintah akan melanjutkan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen. Selain itu, plafonnya pun bertambah dari Rp285 triliun menjadi Rp378 triliun. Sementara itu, Cost of Fund diturunkan sebesar 1 persen untuk KUR Super Mikro, 0,5 persen untuk KUR Mikro, dan 0,5 persen untuk KUR Kecil.

Baca: Bukan Ribuan, Ternyata Dua ASN di Pati yang Terima Bansos

Plafon KUR yang bisa diajukan warga menjadi Rp10 juta – Rp100 juta, dari hanya Rp10 juta – Rp50 juta. Sedangkan KUR untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari maksimal Rp25 juta kini menjadi maksimal Rp50 juta.

2. Perluasan program bantuan PKL

Pemerintah akan menggelontorkan program bantuan tunai kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung. Sebelumnya, program ini menargetkan sekira 1 juta pelaku usaha dengan besaran bantuan yaitu Rp1,2 juta. Namun, pemerintah berencana memperluas target penanganan penduduk miskin ekstrem (PME) di 212 kabupaten dan kota dengan target mencapai 1,67 juta orang.

Baca: DPRD Pati Deadline BRI Tuntaskan Penyaluran Bansos dalam Sebulan

3. PPN DTP sektor properti

Dalam wilayah lain, pemerintah juga memberikan diskon pajak untuk pembelian rumah baru pun akan diperpanjang hingga Juni 2022. Akan tetapi, besaran diskon pajak pembelian rumah kali ini akan lebih kecil dibandingkan diskon yang diberikan sebelumnya.

Baca: Bansos Sembako di Gorontalo Dirapel 5 Bulan dengan Uang, Ada Apa?

Pembelian rumah dengan harga mencapai Rp2 miliar hanya akan mendapatkan diskon pajak sebesar 50 persen dari yang awalnya mencapai 100 persen. Pengurangan diskon pajak juga berlaku untuk pembelian rumah dengan harga dari Rp2 miliar hingga Rp5 miliar.

4. PKH hingga Kartu Sembako

Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp154,76 triliun untuk bansos yang termasuk dalam klaster perlindungan masyarakat. Bansos yang menggunakan anggaran tersebut, yakni PKH dengan besaran Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM, Kartu Sembako dengan besaran Rp45,1 triliun untuk 18,8 juta KPM.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...