Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO JABAR

Puluhan Warga Keracunan Makanan Usai Hajatan, Seorang Meninggal Dunia

ILUSTRASI

MURIANEWS, Tasikmalaya– Puluhan warga Desa Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) diduga keracunan makanan usai acara hajatan. Bahkan satu diantaranya dinyatakan telah meninggal dunia.

Kapolsek Sodonghilir Iptu Uu Mahtum mengatakan, acara hajatan itu digelar pada Kamis (20/1/2022). Saat itu ada banyak warga yang hadir. Seperti acara hajatan biasanya, mereka memakan dan meminum apa yang disajikan oleh tuan rumah.

Namun, keesokan harinya sebagian besar dari mereka mengalami gejala muntah dan diare. Mereka pun langsung mendatangi puskesmas terdekat untuk memeriksakan diri.

“Sebanyak 63 orang warga yang diduga keracunan makanan dari acara hajatan. Seorang di antaranya meninggal dunia.”Kata Iptu Uu Mahtum dilansir dari Detik.com, Sabtu (22/1/2022).

Baca: Begini Kronologi Puluhan Siswa SDN Keracunan Bakso Bakar

Korban rata-rata alami gejala diare, mual, nyeri ulu hati, muntah, pusing serta demam. Pihak Kecamatan masih melakukan pendataan jumlah warga yang mengkonsumsi makanan dari acara hajatan itu. Sampel makanan sudah diamankan untuk uji laboratorium.

“Sampel makanan sudah dibawa untuk uji laboratorium, ” kata Uu Saeful Uyun, Camat Sodonghilir.

Baca: 93 Santriwati Brebes Diduga Keracunan Makanan Bantuan, Polisi Turun Tangan

Saat ini yang dirawat 9 orang, satu orang meninggal dunia dengan penyakit penyerta lain, dan sisanya rawat jalan.

Tim medis juga telah bergerak untuk mengecek seluruh pasien dan diberikan obat. Selain itu, sampel makanan juga diambil untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium penyebab keracunan .

“Hasil Laboratorium diperkirakan akan keluar pada hari Senin mendatang,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.