Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Bikin Kendaraan Anda Terendam? Ini Tips Mengatasinya

Banjir Bikin Kendaraan Terendam Ini Tips Mengatasinya

Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Musibah banjir biasa terjadi di musim penghujan seperti saat ini, baik di kawasan pemukiman maupun jalan raya. Datangnya banjir yang tidak bisa diprediksi waktunya itu seringkali membuat repot.

Salah satunya adalah pengendara motor maupun mobil. Soalnya, datangnya banjir terkadang bisa membuat kendaraan ini terendam air dalam waktu sebentar hingga berhari-hari.

Nah, bagi Anda yang kendaraannya pernah kebanjiran, ada beberapa cara nih untuk mengatasi kerusakan mesin akibat banjir, seperti dilansir dari laman astramotor.co.id. Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya!

Baca juga: Bencana Banjir dan Tanah Longsor Hantam Kudus

Jangan Menghidupkan Mesin yang Kebanjiran

Hal penting ini sering kali diabaikan. Biasanya jika motor mati setelah terendam banjir, kita sangat panik dan mencoba untuk menyalakan mesin yang mati. Sebaiknya, jangan mencoba untuk menyalakan mesin motor dahulu. Karena hal tersebut justru akan membuat kerusakan pada motor semakin berat. Air yang melebihi ketinggian mesin, berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bisa bengkok.

Melakukan perbaikan sepeda motor yang terendam banjir

Saat memperbaiki sepeda motor yang kebanjiran, lebih baik bukalah seluruh body motor. Hal ini bertujuan agar kamu juga bisa sekaligus membersihkan rangka dan kabel dari lumpur. Langkah-langkah berikut ini bisa kamu ikuti:

         Periksa kondisi oli dan pastikan tidak tercampur dengan air.

         Jika saringan udara terkena air, harus segera diganti.

         Bersihkan busi secara menyeluruh.

         Periksa kondisi knalpot, dan jika masih ada air, bersihkan sampai knalpot bersih.

         Untuk perawatan terbaik, segera kunjungi bengkel terdekat.

Pembuangan dan Pembilasan Oli Mesin

Jika mesin tergenang air, tidak dapat dipungkiri bahwa air dapat tercampur dengan oli. Dan jika hal ini terjadi segeralah kuras dan flushing oli yang sudah bercampur dengan air. Cara ini juga sering dilakukan oleh bengkel motor untuk mengatasi motor yang terendam banjir. Ciri dari oli yang terkena air warnanya akan berubah menjadi abu-abu atau coklat muda. Saat menguras, sediakan beberapa liter dexlite atau solar untuk membersihkan sisa-sisa endapan air yang menempel di mesin.

Membersihkan Karburator atau Throttle Body

Cara ini sangat ideal untuk dilakukan di bengkel karena bengkel memiliki kompresor, tetapi  kamu sendiri juga dapat melakukan langkah pertama. Namun, jika kamu ingin melakukannya di rumah, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk injektor atau karburator. Sedangkan untuk motor injeksi, kamu bisa menggunakan cairan cleaner ke throttle body dari ruang hisap yang bisa membersihkan kerak dan kotoran membandel.

Membersihkan Rangka dan Mesin Sepeda Motor

Jika kamu memiliki sisa bensin, jangan buru-buru membuangnya karena  bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam rangka dan bodi sepeda motor. Caranya juga sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggunakan kuas untuk mengelap bagian dalam sepeda motor yang kotor terkena banjir.

Pemeriksaan dan Pembersihan Kabel Kelistrikan

Faktanya, semua pabrik sepeda motor sudah mengembangkan sistem kelistrikan kedap air. Hal ini membuat sambungan kabel tidak dapat mudah  kemasukan air  saat banjir. Tapi bagaimanapun, kamu harus perlu memeriksanya. Saat body motor sudah lepas, kamu bisa membuka sambungan soket-soket dan memeriksanya apakah ada air yang masuk atau tidak. Jika basah, gunakanlah lap kering untuk membersihkannya dan disemprot cairan penetran agar menetralisir air di lempengan logamnya. Bersihkanlah kembali sisa cairan penetran yang masih menempel dengan lap kering, lalu sambungkan kembali soketnya.

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat lakukan ketika motormu terendam banjir. Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya!

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.