Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Ganjar Benarkan Sembilan Orang di Jateng Terpapar Omicron

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Semarang – Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) membenarkan varian Omicron sudah terdeteksi di Jateng. Ia juga membenarkan ada sekitar sembilan orang di Jateng yang telah terpapar varian Omicron tersebut.

“Iya (sembilan orang di Jateng terpapar omicron,” jawab Ganjar singkat seperti dikutip Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Sementara itu, berdasarkan informasi yang beredar, sembilan pasien yang terpapar Covid-19 di Jateng itu berasal dari berbagai daerah. Antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Cilacap, dan Soloraya.

Baca: Omicron Masuk Jateng, Sembilan Orang Terpapar

Mereka diketahui terpapar Covid-19 dari hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS). Kesembilan sampel pasien yang diketahui terdeteksi Omicron itu empat di antaranya berasal dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Semarang, RS Bhayangkara Semarang 1 orang, DKK Kota Pekalongan 1 pasien, RS Pertamina Cilacap 1 pasien, RS Oen Solo Baru 1 pasien, dan RS Elisabeth Semarang 1 pasien.

Sebelumnya, Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy juga membenarkan adanya sembilan orang yang terpapar omicron.

Baca: Penderita Omicron Bisa Isolasi Mandiri, Ini Syaratnya

“Dari hasil uji whole genome sequencing (WGS), ditemukan sembilan orang tersebut positif Omicron,” kata Kabidhumas dalam siaran persnya, Jumat (21/1/2022) siang.

Ia menjelaskan, saat ini penyelidikan epidemiologi tengah dilakukan. Adapun asal sampel uji WGS, berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.

“Untuk itu diimbau masyarakat untuk taat prokes. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus dibatasi,” himbaunya.

Kabidhumas menerangkan varian Omicron sangat menular, bahkan 10 kali lebih cepat dibanding covid varian Delta.

“Karena itu, kami minta kesadaran masyarakat untuk taat prokes. Tetap gunakan masker, membatasi mobilitasnya dan selalu cuci tangan,” ungkapnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...