Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sempat Tertahan, Wisatawan Karimunjawa Jepara Akhirnya Bisa Pulang

Sempat Tertahan, Wisatawan Karimunjawa Jepara Akhirnya Bisa Pulang
Penumpang kapal Express Bahari 2C tiba di Pelabuhan Kartini setelah tertahan di Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Ratusan wisatawan Karimunjawa Jepara sempat tertahan selama berhari-hari. Mereka tertahan akibat cuaca buruk dan ombak tinggi. Kini, mereka sudah bisa kembali ke daratan Jepara, Jumat (21/1/2022).

Salah satu wisatawan asal Solo, Salsa mengaku berangkat ke Karimunjawa pada pekan lalu (14/1/2022). Mestinya, ia dan kawan-kawannya pulang dari Karimunjawa pada Selasa (18/1/2022).

“Tertahan empat hari. Rencananya pulang selasa kemarin. Cuacanya lumayan buruk. Selama di sana angin kencang dan hujan lebat,” terang Salsa, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Camat Karimunjawa Jepara Bilang Begini Terkait Penjualan Perumahan untuk WNA

Diketahui, setidaknya dalam sepekan kemarin, cuaca di perairan Jepara dan Karimunjawa buruk. Angin kencang dan gelombang ombak setinggi 2-3 meter mengakibatkan kapal tak bisa berlayar. Pihak Syahbandar Jepara pun melarang adanya aktivitas pelayaran di wilayah perarian tersebut.

Jefri, Kepala Cabang Kapal Express Bahari Jepara, menegaskan hari ini cuaca cukup bagus. Dua kapal, Express Bahari dan Siginjai berangkat bersamaan dari Karimunjawa pada pukul 07.00 WIB tadi.

Menurutny, pihaknya sudah memberangkatkan kapal ke Karimunjawa sejak Senin (17/1/2022). Mestinya, kapat itu bertolak dari Karimunjawa ke Jepara pada, Rabu (19/1/2022). Namun, karena cuaca buruk, pelayaran ditunda.

“Alhamdulillah pagi ini cuaca membaik. Kapal kami berangkat dari Karimunjawa pukul 07.00 WIB dan sampai di Jepara tepat waktu, pukul 09.30 WIB. Pekan kemarin memang cuacanya buruk. Tadi perkiraan di tengah laut ombaknya hanya 1 meter,” jelas Jefri.

Hari ini, lanjut Jefri, kapal Express Bahari 2C mengangkut 98 penumpang dari Karimunjawa. Sedangkan, Kapal Siginjai mengangkut 89 penumpang. Kapal Siginjai dijadwalkan tiba di Pelabuhan Kartini pada pukul 12.00 WIB.

Tak hanya penyeberangan dari Karimunjawa ke Jepara, hari ini Express Bahari juga memberangkatkan 178 penumpang dari Jepara menuju Karimunjawa.

 

Wisatawan Berhari-hari Tertahan di KarimunjawaAKHIRNYA BISA PULANG – YouTube

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...