Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jembatan di Tanggungharjo Grobogan Ambrol, Sementara Diganti Bambu

Jembatan di Tanggungharjo Grobogan Ambrol Sementara Diganti Bambu

Jembatan bambu dibuat warga Desa Tanggungharjo dan Desa Putatsari Kecamatan Grobogan, Kamis (20/1/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Jembatan yang menghubungkan Dusun Sidoharjo RT04/RW05 Desa Tanggungharjo dengan Desa Putatsari Kecamatan Grobogan ambrol. Ambrolnya jembatan itu disebabkan hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada Rabu (19/1/2022) kemarin.

Kapolsek Grobogan Iptu Sunarto mengungkapkan, jembatan itu rubuh karena saat hujan lebat pondasi selatan jembatan ambrol terkena arus air yang cukup tinggi.

Di samping adanya hujan deras, ambrolnya jembatan itu juga karena usianya yang sudah puluhan tahun. Jembatan itu sudah pada 1995 lalu. Ketebalan jembatan itu sendiri 25 cm, lebar 3 meter dan panjang 3,5 meter. Diketahui, kerugian akibat ambrolnya jembatan itu sekitar Rp 100 juta.

Baca juga: Lihat Jembatan Ini, Ganjar Pranowo Merasa Bersalah

“Di samping adanya hujan deras, usia jembatan sudah puluhan tahun. Nilainya sekitar Rp 100 juta,” kata Kapolsek yang meninjau jembatan yang ambrol itu bersama warga.

Agar akses tidak putus, pihak desa pun langsung membuat jembatan sementara dengan gotong royong oleh warga setempat. Jembatan sementara itu berbahan bambu. Semua dikerjakan oleh warga secara gotong royong.

Terpisah, Camat Grobogan Pamuji mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala desa setempat terkait perbaikan jembatan yang ambrol tersebut.

“Untuk jembatan pengganti nantinya akan dipikirkan lagi. Kami akan koordinasi dengan pihak kepala desa. Yang penting masyarakat masih bisa beraktivitas dengan adanya jembatan sementara itu. Itu termasuk jembatan desa,” kata Pamuji.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.