Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi Booster Mulai Disuntikkan di Pati

Vaksinasi Booster Mulai Disuntikkan di Kabupaten Pati
Ilustrasi: Karyawan PT Dua Kelinci saat mengikuti vaksinasi di perusahaan makanan tersebut. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Penyuntikan vaksinasi booster atau dosis ketiga mulai dilakukan di Kabupaten Pati. Itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Aviani Tritanti, Kamis (20/1/2022).

Aviani mengatakan, pada awal pekan ini, beberapa puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) sudah mengambil vaksin di DKK Pati. Vaksinasi booster di Pati hanya bisa dilayani di Puskesmas dan dua RSUD, yakni RSUD RAA Soewondo dan RSUD Kayen

“Vaksinasi booster sudah bisa di Kabupaten Pati. Yang melayani hanya di Puskesmas dan 2 RSUD,” ujar Aviani, Kamis (20/1/2022).

Vaksinasi ketiga ini digunakan untuk warga berumur lebih dari 18 tahun. Untuk mendapatkan vaksinasi ketiga, warga harus mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat atau ke RSUD.

“Masyarakat yang bisa melakukan vaksinasi ketiga ini adalah usia lebih dari 18 tahun dan sudah vaksin 2 kali lebih dari 6 bulan yang lalu. Bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi ketiga bisa mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat atau ke RSUD,” imbuh Aviani.

Baca juga: Nekat, Vaksinasi Anak di Pati Baru 37 Persen Sudah Gelar PTM

Untuk jumlah kuota vaksin ketiga ini lanjut Aviani, pihaknya belum bisa menghitung pasti karena ada yang diberikan full dosis dan kemungkinan ada yang diberikan half dosis. Itu bergantung dari jenis vaksinnya.

“Saat ini sudah banyak yang menanyakan tentang vaksin booster, diharapkan masyarakat bisa mengikuti vaksin booster ini supaya komplit. Untuk jadwal vaksinasinya yang menyusun dari puskesmas dan RSUD langsung. Masyarakat bisa langsung kesana,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi booster ini merupakan vaksinasi pelengkap agar tubuh lebih kebal terhadap virus corona. Vaksinasi ini diperlukan mengingat orang yang telah divaksin 1 maupun 2 masih mempunyai resiko terkena Covid-19.

Data presentase vaksinasi di Kabupaten Pati sendiri hingga Kamis pagi sebanyak 64,90 persen untuk lanjut usia atau lansia dan 41,04 persen untuk anak. Sedangkan secara kumulatif, baik anak, lansia dan masyarakat umum sebesar 78,41 persen.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...