Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bulan Dana PMI Pati Raup Rp 1,9 Miliar

Bulan Dana PMI Pati Raup Rp 1,9 Miliar
Ketua PMI Pati yang juga Bupati Pati, Haryanto saat sambutan dalam Rapat Kerja PMI tahun 2022 di Ruang Pragolo. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati pada 2021 lalu mencapai Rp 1,9 miliar. Angka itu meningkat dari capaian sebelumnya, yakni Rp 1,6 miliar.

“Ada peningkatan penggunaan anggaran, dan alhamdulillah bisa dipertanggungjawabkan. Dan kita ucapkan terimakasih karena bulan dana PMI ini semakin meningkat,” ujar Ketua PMI Pati Haryanto yang juga Bupati Pati selepas Rapat Kerja PMI Kabupaten Pati di Ruang Pragolo, Rabu (19/1/2022) kemarin.

“Tahun 2020 ada Rp 1,6 miliar. Tahun 2021 mendapatkan Rp 1,9 miliar. Jadi ada kenaikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini bukti PMI di percaya oleh masyarakat,” lanjut Haryanto.

Baca juga: Bulan Dana PMI Kudus 2021 Tak Capai Target

Haryanto mengatakan, dana ini berasal dari bulan dana yang dikumpulkan pada 2021 lalu. Beberapa intansi dan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Pati menyumbang dana untuk PMI.

“Dana ini sumber dari (dunia) pendidikan, desa, dari berbagai kalangan dan usahawan. Semua. Yang paling banyak datang dari pendidikan. Kita sifatnya tidak memaksa, suka rela,” ujarnya.

Dana ini digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari operasional PMI, membantu BPBD dalam menangani kebencanaan hingga memberikan bantuan untuk warga yang terkana bencana.

Pada tahun ini program bantuan bagi mereka yang terkena bencana akan dilanjutkan. Alokasi sumbangan dengan nominal Rp 1 juta, serta sumbangan sembako yang bernilai Rp 750 ribu untuk satu kepala keluarga.

“Pada 2022 ini, item kegiatan banyak. Diantaranya bencana. Seperti orang tenggelam, kena petir, ada longsor dan kebakaran banjir semua dapat bantuan,” tutupnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...