Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kanjeng Ratu Kidul Ternyata Tidak Sama dengan Nyi Roro Kidul, Ini Perbedaannya

Kanjeng Ratu Kidul Ternyata Tidak Sama dengan Nyi Roro Kidul Ini Perbedaannya

Ilustrasi (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

MURIANEWS, Kudus- Nama Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul sudah dikenal sebagai tokoh mistis yang jadi penguasa Laut Selatan Jawa. Bahkan, banyak yang beragapan kalau kedua nama ini adalah milik satu orang.

Padahal, antara Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul ini berbeda. Lalu, apa bedanya? Berikut ulasannya, seperti dirangkum dari solopos.com.

Keberadaan Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul di tengah masyarakat kerap dianggap sosok yang sama. Apalagi kedua sosok tersebut sama-sama disebut sebagai penguasa dan penjaga Laut Selatan Jawa.

Baca juga: Ratu Kalinyamat Disebut Layak Diangkat Sebagai Pahlawan Bidang Maritim

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seorang anak indigo Tasha Siahaan membenarkan bahwa Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul berbeda.

“Itu bukan Nyi Roro Kidul, jadi mereka beda. Kalau dari yang aku baca, Nyi Roro Kidul itu kalau orang kita menyebutnya kayak menteri luar negerinya,” terang dia dalam video Youtube Billy Christian bertajuk Bertemu Ibu Ratu Pantai Selatan: IndigoTalk Travel Jogja.

Ia mengaku jika Nyi Roro Kidul memiliki tugas menjaga pantai selatan. “Dia yang mengurusi keluar dari pantai, Kak. Kalau ada orang yang ngomong bisa dapat pesugihan, ya kalau mintanya jelek yang keluar pasti buruk,” cerita Tasha. “Pokoknya mereka berdua itu beda sosok. Kalau Ibu Ratu Kidul itu penguasa laut pantai selatan,” tambahnya dia mengungkap perbedaan Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul.

Nyi Roro Kidul Pembantu Kanjeng Ratu Kidul

Sementara itu, youtuber Nadia Omara juga mengungkap, Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul adalah dua sosok yang berbeda. Ia menyebut Ibu Ratu dengan sebutan Kanjeng Ratu Kidul.

“Sebutan untuk Ratu Pantai Selatan itu ada dua, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul,” ungkap Nadia dalam vlog-nya. Ia bercerita jika Kanjeng Ratu Kidul dipercaya masyarakat setempat sebagai roh yang paling suci.

“Pada umumnya, dia hanya menampakkan diri hanya untuk memberikan isyarat atau kejadian penting. Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki kuasa atas ombak besar di samudra,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan jika sang ratu akan terlihat muda dan cantik saat menampakkan diri pada bulan pertama. Namun, ia berubah menjadi wanita tua saat bulan biasa.

Sedangkan Nadia menyebut Nyi Roro Kidul sebagai pembantu Ibu Ratu Kidul. “Mereka berdua itu selalu dikaitkan, karena dalam kepercayaan orang Jawa, Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki pembantu setia bernama Nyi Roro Kidul,” ungkapnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.