Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Genangi Dua Desa di Grobogan

Banjir Genangi Dua Desa di Grobogan
Genangan air tampak di pemukiman warga di Desa/Kecamatan Klambu, Rabu (19/1/2022) malam. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Bencana banjir terjadi di Kabupaten Grobogan. Dilaporkan, Desa Bangsri, Kecamatan Geyer dan Desa Klambu, Kecamatan Klambu terendam banjir.

Hujan deras yang terjadi sejak Rabu (19/1/2022) sore hingga malam membuat saluran di dua desa tersebut tak mampu menampung air hingga limpas.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan menyebutkan, di Desa Bangsri, rumah warga di Dusun Bangsri RT06/03 terendam dengan ketinggian 30-50 cm.

Sementara, di Desa Klambu, rumah warga di RT 01, 02, 04, dan 05 di RW 02 serta RT 04 dan 05 di di RW 03 terendam banjir dengan ketinggian air 25-40 cm.

Baca juga: Banjir Bikin Warga Golantepus Kudus Tak Tidur Nyenyak

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, genangan di dua desa tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi di pegunungan Kendeng.

“Genangan itu karena hujan deras di Kendeng bagian selatan di wilayah Kecamatan Geyer dan pegunungan Kendeng utara di wilayah Kecamatan Klambu,” kata Endang, Kamis (20/1/2022).

Hujan deras di wilayah tersebut mengakibatkan aliran sungai di Desa Bangsri dan Desa Klambu limpas. Air pun meluap dan membuat genangan banjir di wilayah tersebut. Meski begitu, genangan berangsur-angsur surut sejak semalam.

“Semalam hanya sekitar satu jam saja genangannya,” imbuh Masrikan, Kasi Kedaruratan pada BPBD Grobogan.

Pihak BPBD Grobogan pun mengimbau masyarakat tetap waspada kemungkinan banjir di tengah musim hujan yang masih akan berlangsung hingga sekitar dua bulan ke depan. Apalagi, tercatat mayoritas desa di Grobogan berpotensi terjadi banjir.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...