Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Karat Pada Motor Bikin Pusing, Ini Lima Cara Mudah Membersihkannya

Karat Pada Motor Bikin Pusing Ini Lima Cara Mudah Membersihkannya

Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Karat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada motor. Biasanya, bagian motor yang sering kena karat adalah knalpot.

Munculnya karat memang tidak berpengaruh pada mesin, artinya motor masih bisa tetap jalan seperti biasa. Meski demikian, adanya karat ini tentu saja mengganggu penampilan motor karena terkesan kurang terawat.

Sebagian orang bahkan sempat pusing dengan munculnya karat ini karena susah sekali membersihkannya. Beragam cara sudah dicoba tetapi karat pada motornya tidak bisa hilang dengan sempurna.

Baca juga: Cangkul Tanah, Warga Banjarejo Grobogan Temukan Granat Berkarat

Nah, bagi kamu yang mengalami problem seperti ini, coba simak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan karat motor, seperti dilansir dari astramotor.co.id.

Simak selengkapnya di bawah ini!

Menggunakan Pertamax Plus

Gunakan pertamax plus untuk menghilangkan karat pada bagian motor kamu. Caranya, campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Lalu, oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Dijamin deh, karat akan langsung bersih!

Menghilangkan Karat Pada Motor dengan Oli Bekas

Motor kamu habis diganti oli? Jangan buang oli bekas pakainya, ya? Karena sangat berguna untuk menghilangkan karat yang ada pada besi motor. Caranya juga gampang banget, kamu hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih sekitar 1 atau 2 menit. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor. Bagian dalam seperti lubang knalpot juga bisa kamu bersihkan dengan oli bekas. Jika terdapat asap yang keluar dari mulut knalpot, kamu gak perlu panik ya.

Menggunakan Pembersih Keramik

Caranya, oleskanlah pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat benar-benar hilang! Tetapi pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk area mesin. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pembersih keramik di area tersebut.

Menghilangkan Karat Pada Motor dengan Stempet

Cara selanjutnya yaitu menggunakan gemuk atau stempet. Gemuk merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin. Buat kamu yang sering utak-atik kendaraan pasti tidak asing lagi dengan gemuk ini ya, karena fungsinya yang bisa melumasi suku cadang motor.

Sifatnya yang lengket menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi (jika dibandingkan dengan oli). Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk ini sering digunakan untuk mencegah karat di bagian tersebut. Pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa diaplikasikan dengan cairan ini.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi yang kamu pakai juga bisa digunakan untuk membersihkan karat, lho! Caranya yaitu oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat, tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap. Cara ini memang memang tidak instan, jadi kamu perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.