Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

10 Ribu Mangrove Ditanam di Pantai Cinta Pati

10 Ribu Mangrove Ditanam di Pantai Cinta Pati
Polres Pati bersama beberapa instansi menanam pohon mangrove di wilayah pesisir Desa Banyutowo, Dukuhseti pada Rabu (19/1/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Penanaman mangrove dilakukan di Pantai Cinta, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Rabu (19/1/2022). Kegiatan penanaman dilakukan Polres Pati dengan sejumlah intansi.

Sebanyak 10 ribu Mangrove ditanam untuk mencegah terjadinya abrasi di Pantai Cinta. Kegiatan bertajuk ‘Mageri Segoro’ itu dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

Ratusan personil Polres Pati, Kodim 0718/Pati, Pemerintah Desa Banyutowo, OPD terkait, para relawan dan sejumlah komunitas peduli lingkungan lainnya berbaris rapi.

Dalam sambutannya, Wakapolres Pati Kompol Adi Nugroho mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti instruksi pemerintah. Khususnya dalam menjaga ekosistem di wilayah perairan. Dalam hal ini di pesisir Desa Banyutowo, Dukuhseti.

“Melalui penanaman mangrove ini, bertujuan agar tidak terjadi abrasi. Selain itu, disisi ekonomi dengan penanaman pohon mangrove dapat meningkatkan pemulihan perekonomian masyarakat. Itu dengan dijadikan tempat wisata,” katanya.

Baca juga: Taman 1 Juta Mangrove, Polda Jateng Mageri Segoro Pecahkan Rekor MURI

Guna menyukseskan program Mageri Segoro ini, Polda Jateng melalui Polres Pati berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Pemdes setempat.

Dia menegaskan, yang paling penting adalah menjaga agar program ini tetap berjalan. Serta memantau dan menjaga agar pohon-pohon yang ditanam tumbuh.

“Tak kalah pentingnya juga merawat pohon Mangrove yang sudah ditanam. Jadi tak hanya menanam saja. Nantinya bisa tumbuh dan mencegah abrasi,” tegasnya.

Ia mengungkapkan kawasan ini dipilih lantaran berdasarkan hasil surve dan cek lokasi, tempat tersebut memang masih butuh dilakukan perbaikan melalui penanaman mangrove.

“Tentunya kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Itulah hasilnya,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...