Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sekarang, Urus Adminduk di Jepara Bisa Pakai Ini

Sekarang, Urus Adminduk di Jepara Bisa Pakai Ini
Salah satu pelajar sedang uji coba mencetak adminduk di mesin ADM di Kecamatan Nalumsari. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Jepara kini lebih mudah. Itu setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jepara menyediakan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

ADM itu telah ditempatkan di 16 kecamatan di Kabupaten Jepara dan satu di Mal Pelayanan Publik. Semuanya siap beroperasi. Adanya mesin itu, diharapkan masyarakat lebih mudah dalam mengurus data adminduk.

Dalam peluncurannya, Disdukcapil Jepara langsung mengujicobakan mesin tersebut. Seorang siswa yang sudah masuk usia 17 tahun, Amanda Putri Tarwiyani, warga Gemiring Kidul, Nalumsari mencoba mencetak KTP nya.

Uji coba serupa juga dilakukan Nabil Nahwa Wahdah warga RT 2 RW 2 Desa Bendanpete Kecamatan Nalumsari. Keduanya kini mendapatkan KTP baru, yang diserahkan langsung oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Baca juga: Di Jepara, Usai Cerai Tak Perlu Repot Urus Perubahan KTP dan KK

Pria yang akrab disapa Andi itu mengatakan, ADM ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan yang cepat mengenai administrasi kependudukan. Cukup 2 menit saja, masyarakat sudah dapat memiliki dokumen kependukan yang diharapkan.

“Sebelumnya sudah terpasang 1 unit ADM di Mall Pelayanan Publik (MPP), kemudian dilanjutkan hari ini di 16 kecamatan di Kabupaten Jepara,” kata Andi, di Kecamatan Nalumsari.

Pihaknya menambahkan, ADM ini untuk mempercepat proses percetakan dokumen administrasi kependudukan. Warga tidak perlu repot lagi untuk antre lama untuk mendapatkan kartu kependudukan di Kantor Disdukcapil Jepara.

Warga cukup mendaftar secara online di https ://pelayanan.disdukcapil.jepara.go.id dengan menyertakan nomor hp (whatsapp) dan email aktif. Kemudian mencetak langsung di kecamatan masing-masing.

“Tidak butuh waktu lama, cukup 2 menit saja masyarakat sudah bisa mendapat kartu kependudukan,” kata dia.

Andi berharap kepada para camat dan petinggi desa untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing. Agar fasilitas dari pemerintah itu termanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Andi berharap pelayanan dokumen kependudukan di Jepara akan lebih cepat. “Sekarang tidak usah pakai calo-caloan, cukup daftar sendiri lewat online dan cetak di kecamatan,” kata Andi.

Mesin ADM ini bisa melayani penyetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, kartu kematian, juga Kartu Identias Anak (KIA).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...