Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Duh! Damkar Pati Kekurangan Sumber Daya

Duh! Damkar Pati Kekurangan Sumber Daya
Mobil damkar saat siaga di Pabrik PT Dua Kelinci Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Pati saat ini kekurangan sumber daya. Armada dan personel yang ada saat ini dinilai masih kurang. Peremajaan armada serta penambahan personil pun diperlukan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, Mirza Nur Hidayat mengungkapkan akibat kekurangan sumber daya itu, jam kerja petugas Damkar lebih tinggi dibandingkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya.

“Kalau di hitung jam kerja petugas dalam sebulan dibandingkan ASN biasa itu jauh. Kalau kami sekitar 190an jam sedangkan yang lain 137 jam,” ujar Mirza saat ditemui di kantornya, Rabu (19/1/20220.

Baca juga: Peristiwa Kebakaran di Pati Meningkat, Ini Penyebab Paling Banyak

Saat ini, Damkar Pati hanya memiliki 65 personel. Dari jumlah itu, 59 orang bertugas di lapangan. Sedangkan enam orang sisanya, berada di kantor untuk jaga-jaga bila ada laporan.

Selain penambahan personil, ungkap Mirza, pihaknya juga membutuhkan peremajaan dan penambahan armada pemadam kebakaran. Pasalnya ada beberapa armada yang telah beroperasi puluhan tahun dan dipaksakan untuk terus digunakan.

Sayangnya harapan peremajaan armada ini tidak bisa direalisasikan hingga saat ini. Alokasi anggaran untuk Satpol PP beberapa kali direfokusing untuk penanganan Covid-19.

“Kami berharap ada peremajaan armada dan pembuatan pos Untuk armada. Kita pesan minimal tambah dua unit. Soalnya ada armada yang (keluaran) 1982. Kami meminta supaya digantikan armada baru,” tandas Mirza.

Saat ini Damkar Satpol PP Pati memiliki 11 armada. Terdiri dari 10 armada mobil dan 1 armada kapal.

Armada tersebut ditempatkan di empat pos pemadam kebaran. Yakni, di pos induk yang teletak di depan kantor Kecamatan Pati, lalu di pos pembantu di daerah Kecamatan Kayen, pos pembantu di Kantor Kecamatan Juwana, serta di pos pembantu di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Juwana.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.