Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Lihat Jembatan Ini, Ganjar Pranowo Merasa Bersalah

Ganjar Pranowo meninjau jembatan rusak penghubung Jebenplampitan, Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo dengan Desa Larangan, Kecamatan Pagetan, Banjarnegar, Rabu (19/1/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Banjarnegara – Pembangunan jembatan penghubung Desa Jebenplampitan, Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo dengan Desa Larangan, Kecamatan Pagetan, Banjarnegara belum terealisasi. Gubernur Ganjar Pranowo pun merasa bersalah.

Apalagi jembatan bambu yang dibuat warga, beberapa kali hanyut terbawa banjir. Terakhir terjadi pada akhir 2021 lalu.

Ini ia sampaikan saat mengunjungi jembatan itu, Rabu (19/1/2022). Apalagi saat itu, Ganjar mendapat keluhan dari warga yang kesulitan akses setelah jembatan itu rusak.

Ganjar menyesalkan sikap perorangan yang menyebabkan pembangunan jembatan itu batal terealisasi.

“Jadi saya merasa bersalah, yowislah maka saya tanya ini sekarang saya bantu. Saya yang bangun mau apa nggak, kalau mau kita selesaikan,” ujar Ganjar.

Gubernur Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin Maimoen saat meninjau jembatan gantung penghubung Jebenplampitan-Larangan, Rabu (10/4/2019) lalu. (MURIANEWS/Istimewa)

Sebelumnya, pada 2019 lalu Ganjar dan Wagub Taj Yasin Maimoen sempat menengok dan berjanji akan segera membangun jembatan tersebut menggunakan APBD 2020 atau melalui anggaran pascabencana BNPB.

Namun, pada Musrenbangprov 2019, Bupati Banjarnegara saat itu menolak mengajukan Bankeu bersumber dari APBD Provinsi Jateng 2020. Pembangunan jembatan belum terealisasi pasca Bupati Banjarnegara berurusan dengan KPK di September 2021 lalu.

Baca: Sudah 5 Tahun Jembatan Reot Ini Jadi Andalan Penghubung Desa di Wonosobo-Banjarnegara

Ganjar mengatakan anggaran pembangunan jembatan diperkirakan mencapai Rp 2,2 miliar. Dana itu akan segera disiapkan, karena pembangunan jembatan sangat mendesak.

“Udah kita hitung sih ini enggak mahal kok sekitar Rp 2,2 miliar, hitungannya aku ngerti. Jadi 2019 saya ke sini kan kesuwen (kelamaan, red), kasian lah rakyatnya. Kalau ini bisa kita jadikan prioritas kan kita dorong,” tegas Ganjar.

Baca: KPK Tetapkan Bupati Banjarnegara Jadi Tersangka Korupsi

Ganjar juga mendorong dinas terkait untuk segera menyelesaikan desain bangunan jembatan permanen.

“Nanti setelah dari sini, saya minta untuk segera mendesain biar cepat (dibangun),” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...