Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bikin Penasaran, Ini Yang Dibangun Pertama Ibu Kota Nusantara

lahan ysng bakal dibangun menjadi Ibu Kota Nusantara (detik.com)

MURIANEWS, Jakarta- Proses pembangunan Ibu Kota Nusantara akan segera dimulai. Hal itu menyusul setelah disahkannya UU Ibu Kota Negara oleh eksekutif dan legislatif.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis Sumadilaga mengatakan, sebagai tahap awal pembangunan di Ibu Kota Nusantara, kali pertama yang akan disiapkan adalah sumber air baku.

“Untuk tahap awal saya ulangi infrastruktur dasar itu apa, nomor satu tadi air baku untuk keperluan kehidupan kan nomor satu itu. Utamanya untuk IKN berasal dari air permukaan,” katanya dilansir dari detik.com, Rabu (19/1/2022).

Baca: 5 Alasan Kaltim Jadi Ibu Kota Negara Baru

Selanjutnya, pihaknya akan embuat drainase sebagai media untuk pengendalian banjir. Namun, drainase yang akan dibuat ini berbentuk drainase kawasa.

Baca: Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru Tuai Kritikan DPR

“Kedua bagaimana nanti kita menyusun infrastruktur pengendalian banjir dalam bentuk drainase kawasan. Kan kita harus amankan ini daerah, terutama target kita yang pertama itu kan kawasan inti pusat pemerintahan, kita akan fokus di sana dulu,” ujarnya.

Baca: Sah! RUU Ibu Kota Negara Ditetapkan Jadi UU

Setelah itu, yang dipersiapkan selanjutnya adalah konektivitas jalan untuk mendukung akses pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Kita berbicara sekarang bagaimana konektivitas jalan, bagaimana kita menyiapkan infrastruktur jalan sebagai akses logistik, untuk mendukung pembangun ibu kota negara. Nanti kan kita bicara suplai material, suplai barang, suplai alat melalui jalan-jalan logistik, itu yang akan kita siapkan,” jelasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: detik.com

Comments
Loading...