Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Laporkan! Berani Jual Minyak Goreng di Atas Rp 14 Ribu Per Liter, Ini Saknsinya

Sejumlah warga ikut menyerbu minyak goreng murah yang digelontorkan Pemprov Jateng. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta- Pemerintah telah menetapkan kebijakan satu harga untuk penjualan minyak goreng sebesar Rp 14 ribu per liter. Kebijakan tersebut berlaku efektif di seluruh Indonesia mulai hari ini, Rabu (19/1/2022).

Namun, apabila masih ada pelaku usaha yang nekat menjual minyak goreng di atas harga yang ditetapkan tersebut, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, sanksi secara tegas akan diberikan kepada pelaku usaha yang menjual minyak goreng di atas Rp 14 ribu per liter. Sanksinya adalah pembekuan atau pencabutan izin usaha.

Baca: Mulai Besok, Harga Minyak Goreng Kemasan Rp 14 Ribu per Liter Berlaku Seluruh Indonesia

“Produsen yang tidak mematuhi ketentuan, maka akan dikenakan sanksi berupa pembekuan atau pencabutan izin. Kami mengingatkan pemerintah akan mengambil langkah yang sangat tegas,” tegas Lutfi dilansir dari detik.com, Rabu (19/1/2022).

Selain itu, apabila ada oknum atau orang yang sengaja menyelewengkan penjualan minyak goreng ini, pihaknya dengan tegas akan menyeret ke ranah hukum.

Baca: Tak Hanya Minyak, Natuna juga Punya Destinasi Wisata Bahari Menawan

“Kami ingatkan kepada siapapun yang melakukan kecurangan, penyelewengan, atau melakukan apapun tindakan melawan hukum, Pemerintah RI akan melanjutkan ke proses hukum,” kata Lutfi.

Diberiktakan sebelumnya, minyak goreng dengan harga khusus itu akan disediakan sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu 6 bulan. Dalam pelaksanaannya, pemerintah juga akan melakukan pemantauan.

Baca: Harga Minyak Goreng di Grobogan Masih Mahal, Begini Rencana Pemkab

Penyebaran minyak goreng tersebut dilakukan pemerintah untuk menutup selisih harga minyak goreng yang cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Kemudian juga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri mikro, dan industri kecil.

Upaya menutup selisih harga ini tidak hanya diberikan untuk minyak goreng kemasan satu liter, tetapi juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan 2 liter, 5 liter, dan 25 liter.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...