Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Omicron Melonjak, Ini 6 Arahan Jokowi yang Patut Diperhatikan

Presiden Jokowi (tangkapan layar/Youtube Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta- Menanggapi lonjakan kasus Covid-19 varian baru omicron, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memberikan arahan kepada warganya. Hal itu agar masyarakat tetap waspada dan menjaga diri dari serangan covid-19 ini.

Terlebih, varian omicron mempunyai karakter lebih cepat menular. Sekali pun sebagian besar kasus tidak memiliki gejala berat, tetapi tetap harus di waspadai.

Berikut ini adalah 6 arahan Jokowi untuk masyarakat yang disiarkan langsung melalui kanal Youtub Sekretariat Presiden.

1. Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Tidak Panik

Arahan pertama Jokowi kepada masyarakat dalam menghadapi Omicron ini adalah mengenai kewaspadaan. Kendati demikian, Jokowi mengimbau masyarakat tidak panik.

Baca: Omicron Mengganas, Jokowi: Lakukan Kerja dari Rumah

“Oleh sebab itu, kita semua harus waspadai tren ini, namun tidak perlu bereaksi berlebihan. Berhati-hati perlu, waspada perlu, tapi jangan menimbulkan ketakutan dan kepanikan,” ujar Jokowi.

2. Jokowi Minta Masyarakat Jangan Jemawa

Jokowi juga menyampaikan mengenai hasil studi WHO soal Omicron. Jokowi menyebut varian Omicron memang lebih mudah menular, namun gejala lebih ringan.

Baca: Kemendagri Terbitkan Dua Aturan Perpanjangan PPKM, Gegara Omicron?

“Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya boleh tanpa harus dirawat di rumah sakit. Tapi sekali lagi kita harus waspada. Jangan jumawa dan jangan gegabah,” terang Jokowi.

3. Jokowi Minta Masyarakat Kurangi

Selain itu, orang nomir satu di Indonesia itu berpesan kepada masyarakat agar mengurangi kegiatan di pusat keramaian. Para pekerja juga diminta untuk bekerja dari rumah.

BacaMenggila, Omicron di Indonesia Tembus 840 Kasus

“Oleh karena itu, bapak, ibu, saudara-saudara yang tidak memiliki keperluan mendesak sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian. Dan untuk mereka yang bisa kerja dari rumah, WFH, lakukanlah kerja dari rumah,” imbuh Jokowi.

4. Jokowi Minta Masyarakat Tidak ke Luar Negeri

Jokowi mewanti-wanti agar masyarakat untuk sementara tidak bepergian ke luar negeri. Jika tak ada kepentingan mendesak, warga diminta tetap tinggal di dalam negeri.

Baca: Empat Kasus Covid Muncul di Solo, Gibran: Bukan Omicron

“Dan saya minta untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada urusan penting dan mendesak,” tutur Jokowi.

5. Jokowi Minta Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

Jokowi juga tak henti-hentinya mengingatkan mengenai protokol kesehatan. Masker diminta selalu digunakan.

“Bapak, ibu dan saudara sekalian, saya tidak akan pernah bosan untuk terus ingatkan gunakan masker, jaga jarak, dan jangan lupa cuci tangan. Intinya ikuti protokol kesehatan dengan disiplin,” ujar Jokowi.

Baca: Dinkes Catat 8 Kasus Omicron Landa Jatim, Tiga di Antaranya Sudah Sembuh

6. Jokowi Minta Warga Segara Booster

Lebih lanjut, Jokowi meminta warga yang sudah menerima dua kali vaksin untuk segera mencari vaksin booster. Dia kembali menegaskan vaksin gratis untuk semua masyarakat.

Baca: 14 Siswa dan Guru di DKI Terpapar Covid saat PTM, Wagub: Bukan Omicron

“Hal penting lainnya di masa pandemi adalah vaksinasi. Yang belum dapat vaksin, segeralah untuk divaksin. Yang sudah dapat vaksin pertama, segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah 2 kali vaksin segera cari vaksin ketiga, vaksin booster. Semua gratis karena vaksinasi penting demi keselamatan kita semua,” tutup Jokowi

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Sekretariat presiden

Comments
Loading...