Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembangunan Jalan Wangunrejo-Sukobubuk Pati Mulai Digarap

Jalan Wangunrejo-Sukobubuk Pati Mulai Digarap
Kasi Peningkatan Jalan DPUTR Kabupaten Pati, Hasto Utomo. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Rencana pembangunan jalan Wangunrejo-Sukobubuk Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati segera terealisasikan. Itu setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) membukakan akses jalan tersebut. Penggarapan akses jalan itu direncakan mulai pada tahun ini.

Kasi Peningkatan Jalan DPUTR Kabupaten Pati, Hasto Utomo mengatakan, pembangunan jalan Wangunrejo-Sukobubuk itu akan membantu akses warga di sana. Terutama bagi para petani setempat.

Sebabnya, selama ini, warga sekitar harus memutar puluhan kilometer untuk menjual hasil buminya. Bahkan warga setempat terpaksa menjual ke Kudus lantaran aksesnya lebih mudah.

Baca juga: Sepi, Plaza Pragolo Pati Bakal Di-rebranding

Hal ini membuat Bupati Pati Haryanto meminta dibukanya akses diantara dua desa itu. Diharapkan hasil bumi Desa Sukobubuk dapat dinikmati oleh warga Kabupaten Pati sendiri.

“Dulu Pak Bupati ada target capaian itu menghubungkan Wangunrejo-Sukobubuk agar hasil bumi Sukobubuk bisa lebih mudah dibawa ke Pati,” ujar Hasto, Selasa (18/1/2022).

“Karena mereka harus muter dahulu, puluhan kilometer. Muternya lewat Gembong dan mereka selama ini jual hasil buminya ke Kudus. Nah itu dari Pak Bupati istilahnya eman-eman. Hasil Bumi di Pati kok gak dijual di Pati,” lanjutnya.

Saat ini pihaknya baru merencakan pembukaan jalan. Mulai dari survei hingga menyusun peta HVS sebelum nantinya melakukan eksekusi.

“Masih banyak tebing-tebing. Nanti kami lebarkan dan kasih pondasi dulu,” terangnya.

Di tahun ini, pihaknya baru mendapatkan anggaran Rp 1 miliar. Anggaran itu digunakan untuk pembukaan lahan tahap awal. Sementara, anggaran seluruhnya dibutuhkan Rp 7 miliar.

“Sudah kami lakukan DED-nya, tapi tahun ini baru dianggarkan Rp 1 miliar untuk pembukaan jalannya. Dan harapannya tahun depan di kasih dan tahun depannya dikasih lagi,” ungkapnya.

Ia menyebut, pembangunan jalan Wangunrejo-Sukobubuk Pati ditarget selesai pada 2024. Sementara, di tahap awal ini DPUTR hanya menargetkan pembukaan lahan sehingga bisa dilalui kendaraa.

“Di situ panjang kurang lebih 7 km. Rencana 2024 selesai. Tapi tahun ini kendaraan bisa ke sana. Meski belum mulus,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...