Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Detik-Detik Vonis Heru Hidayat yang Dituntut Hukuman Mati

heru hidayat (Liputan6.com)

MURIANEWS, Jakarta- Heru Hidayat, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Hal itu lantaran Heru terlibat dalam dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI).

Hari ini, Selasa (18/1/2022) Heru bakal menghadapi vonis yang akan dibacakan oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pembacaan vonis akan dilakukan pukul 10.00 WIB di ruang Kusuma Atmadja.

Untuk diketahui, dalam perkara yang menimpa Heru, JPU meyakini behawa terdakwa melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Baca: Kejagung Sita 17 Bus Restu Wijaya Boyolali, Diduga Terkait Skandal Korupsi Asabri

“Menuntut majelis menyatakan Terdakwa (Heru Hidayat) terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan pemberatan secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang,” ujar jaksa dalam tuntutannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat dilansir dari Liputan6.com.

“Menghukum Terdakwa Heru Hidayat dengan pidana mati,” jaksa menambahkan.

Baca: Kejagung Sita 17 Bus Restu Wijaya Boyolali, Diduga Terkait Skandal Korupsi Asabri

Jaksa juga menuntut hakim memberikan hukuman pidana berupa uang pengganti sebesar Rp 12,6 triliun ke Heru dengan ketentuan harus dibayar dalam jangka waktu satu bulan setelah vonis berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Jika tidak dibayar dalam jangka waktu satu bulan, maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi kekurangan uang pengganti. Jika harta bendanya tak mencukupi, maka tak ada pidana tambahan lantaran tuntutan mati.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.