Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sukses Cuan, Target Pendapatan KIHT Kudus Naik Nyaris Tiga Kali Lipat

Berhasil Cuan Target Pendapatan KIHT Kudus Naik Nyaris Tiga Kali Lipat

Pegawai melinting rokok di KIHT, Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Target pendapatan dari Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kabupaten Kudus di 2022 ini naik hampir tiga kali lipat dari sebelumnya. Yakni dari hanya Rp 59,5 juta jadi Rp 160 juta.

Kenaikan target ini diambil seiring ada pencapaian apik dari KIHT di 2021 lalu. Yakni, pada tahun itu, Pemkab Kudus meraup pendapatan dari KIHT sebesar Rp 147.850.000 atau naik hampir 2,5 kali lipatnya.

“Kami targetkan di 2022 ini untuk KIHT sebesar Rp 160 juta. Karena berkaca di tahun lalu targetnya hanya Rp 59,5 juta tetapi ternyata realisasinya lebih banyak,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Pemkab Kudus Dapat Cuan dari KIHT Rp 147,8 Juta

Pencapaian target di 2021 lalu itu didapatkan dari hasil sewa gedung, sewa uji lab tar dan nikotin. Rini optimistis target sebesar Rp 160 juta itu bisa dicapai tahun ini. Pasalnya, di 2022 ini ada penambahan infrastruktur.

“Kami di tahun ini akan ada penambahan mesin dan juga penambahan tiga gedung baru. Prosesnya akan lelang di Februari ini,” terangnya.

Rini menambahkan, saat ini di KIHT terdapat 11 pabrik yang menyewa gedung untuk melakukan produksi rokok. Di 2021 lalu masing-masing menyewa dengan biaya sewa Rp 7,5 juta setahun.

“Di 2021 lalu dari sebelas yang sering melakukan proses produksi ada enam pabrik. Kalau yang lima pabrik hanya memproduksi ketika ada pesanan saja,” terangnya.

Rini berharap di 2022 ini target sebesar Rp 160 juta dapat diraih, sehingga mampu menyumbangkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.