Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Akhirnya, Sudarmono Nelayan Karimunjawa Jepara yang Dikabarkan Hilang telah Ditemukan

Akhirnya Sudarmono Nelayan Karimunjawa Jepara yang Dikabarkan Hilang telah Ditemukan

Suryo Sudarmono (memakai sarung loreng) ditemukan selamat setelah tiga hari hilang di perairan Karimunjawa. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Nelayan Karimunjawa Jepara, Suryo Sudarmono (43) akhirnya berhasil ditemukan selamat. Sudamono, warga Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara itu sempat dikabarkan hilang sejak Jumat (14/1/2022).

Kapolsek Karimunjawa, Iptu Dasiyo mengatakan Sudarmono ditemukan pagi tadi, (17/1/2022) sekitar pukul 06.00 WIB. Ia ditemukan oleh sesama nelayan Karimunjawa, Jazuli.

Sudarmono ditemukan di Takak Seruni, yang masih dalam perairan Karimunjawa. Ia berlindung sana setelah kapalnya sempat mengalami kerusakan.

Baca juga: Heboh! Tanah di Karimunjawa Diduga Dijual Bebas untuk Warga Asing

“Alhamdulillah sudah ditemukan. Kondisinya sehat. Baru tadi pagi,” terang Iptu Dasiyo, Senin (17/1/2022).

Dasiyo menjelaskan, sebelumnya Sudarmono berangkat mencari ikan menggunakan kapal kayu jenis jonso dengan tujuan perairan Taka Burung. Kemudian, kapal mengalami trouble dikarenakan baling-baling kapal tersangkut jaring. Akibatnya, as kapal bengkok dan patah.

Lalu, Sudarmono berusaha melepaskan jaring itu. Ia pun menceburkan diri ke laut agar bisa melepas jaring yang melilit baling-baling kapalnya. Tapi jaring yang melilit baling-baling tak kunjung lepas.

Baca juga: Nelayan Karimunjawa Hilang di Perairan Jepara

Kapal Sudarmono pun hanyut sekitar 30 mil kea rah timur menuju Pulau Genting, Karimunjawa. Namun, Sudarmono tetap mencoba menyalakan kapalnya.

“Pada hari Minggu (16/1/2022) pagi, mesin kapal berhasil dihidupkan. Korban kemudian berlayar menuju Pulau Genting dan bersandar di perairan Takak Seruni dan bermalam di sana,” ungkap Dasiyo.

Kemudian, sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi, Jazuli menemukan Sudarmono. Tak lama setelah itu, kapal beserta korban ditarik ke Pulau Karimunjawa dan sampai rumah pukul 08.45 WIB.

“Jadi ditemukannya di perairan Takakan Seruni Karimunjawa dalam keadaan selamat dan sudah dilakukan pengecekan Kesehatan oleh Petugas Puskesmas Karimunjawa,” pungkas Iptu Dasiyo.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.