Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Motor Skutik Anda Boros Bensin? Coba Perhatikan Hal-Hal Ini Biar Irit

Motor Skutik Anda Boros Bensin Coba Perhatikan Hal Hal Ini Biar Irit

Ilustrasi (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Efisiensi penggunaan bahan bakar skutik (skuter matik) dipengaruhi oleh kinerja mesin dan teknologi pendukungnya. Selain itu, faktor pola berkendara, motor akan lebih hemat bensin jika dikendarai dengan tepat.

Berkendara dengan kecepatan rendah tidak selalu dapat menghemat bahan bakar. Dalam kecepatan optimal, bensin tidak akan terkuras signifikan jika menganut prinsip berikut ini.

Pertama, buka tuas gas secara perlahan. Saat melakukan cara ini, motor akan mendapat percepatan secara konstan mengikuti kenaikan putaran mesin.

Baca juga: Harga OTR Jateng Belum Dirilis, Inden Honda PCX Lokal Membeludak

Cara ini dapat menyalurkan bensin secara efisien sehingga konsumsinya lebih hemat. Kedua, pakai bensin sesuai kadar oktan seperti ketentuan dari pabrik.

Meski terlihat sepele, hal ini sangat penting karena dengan menggunakan oktan lebih rendah, bensin tidak dapat terbakar sempurna di ruang bakar mesin. Dengan demikian mesin memerlukan volume BBM lebih untuk melakukan pembakaran.

Melansir dari detik.com (13/1/2022), bensin dengan kualitas lebih rendah dari ketentuan pabrik juga dapat membuat mesin lebih rentan. Selanjutnya untuk efisiensi bensin, pastikan tekanan ban sesuai dengan standar.

Hal ini berhubungan dengan laju motor akan terhambat saat ban tidak terisi angin sesuai ketentuan. Ini akan memaksa mesin bekerja lebih untuk melakukan motor yang berujung dengan konsumsi BBM yang lebih tinggi.

Yang terakhir adalah menjaga kondisi mesin dalam keadaan optimal. Saat komponen-komponen mesin seperti throttle body, filter udara dan fuel injector terdapat kotoran yang menumpuk, pembakaran pada mesin tidak berjalan dengan baik.

Efisiensi pembakaran bensin akan menurun dan konsumsi BBM akan melonjak saat hal ini terjadi. Selain hal-hal yang telah disebutkan, kualitas mesin juga memengaruhi output tenaga dan efisiensi penggunaan BBM.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.