Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Puncel, Pati Tergenang Banjir

Warga nampak melintas di jalan yang tergenang banjir (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati- Puluhan rumah dan tambak di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, tergenang banjir, Minggu (16/1/2021). Banjir terjadi lantaran sungai Gede yang berada di desa setempat meluber.

Akibatnya, beberapa RT yang ada di Desa Puncel turut tergenang banjir. Yang cukup parah berada di Dukuh Tawangrejo RT 3, RT 4, RT 5 di RW 6 dan RT 2, RT 3, RT 4, RT 5 di RW 5. Selain rumah, SD dan MI juga tergenang.

Warga setempat, Jaiman mengungkapkan, ketinggian banjir sempat mencapai 80-110 sentimeter. Bahkan banjir juga masuk ke pemukiman warga.

“Sampai 10.30 WIB tadi masih tinggi. Ini masih banjir tapi tidak setinggi tadi,” ujar lelaki yang akrab disapa Pak Je ini.

Baca: Kudus Mulai Banjir, Pengungsian Diminta Segera Didirikan

Pak Je menilai banjir ini lantaran Kali Gede yang ada di Desa setempat mengalami luapan air dan meleber ke rumah warga dan tambak ikan.

“Luapan Kali Gede karena air dari pegunungan Muria larinya ke sini,” katanya.

Baca: Intensitas Hujan Mulai Tinggi, Warga Pati Diminta Waspada Banjir

Banjir di desanya merupakan banjir musiman yang terjadi hampir setiap musim hujan. Pada tahun lalu, banjir juga melanda daerah ini lantaran tanggul sungai jebol.

“Harapan normalisasi sungai karena memasuki musim hujan. Dan peninggian tanggul. Karena muara air ke sini semua,” tandasnya.

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Cholis Anwar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.