Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tikus Pernah Jadi Penyebab Kebakaran Pasar Kliwon Kudus

Pasar Kliwon Kudus terbakar Kamis, (13/1/2022). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pasar Kliwon Kudus, Kamis (13/1/2022) terbakar dan menghanguskan Kantor Unit BRI di pasar tersebut. Kebakaran ini bukan yang pertama, pasar grosir besar ini sudah beberapa kali mengalami kebakaran.

Kebakaran itu rata-rata disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik atau korsleting. Bahkan tikus juga pernah jadi biang kebakaran di Pasar Kliwon Kudus.

Ini diceritakan oleh Mantan Koordinator Pasar Kliwon, Kudus Sugito. Ia mengabdi di Pasar Kliwon selama delapan tahun. Dalam kurun waktu itu Pasar Kliwon terbakar sebanyak tiga kali.

Sugito menjelaskan pengalamannya menjadi koordinator Pasar Kliwon Kudus. Dia menjabat sejak 9 September 2013 hingga 30 Juni 2021 silam.

Dalam kurun waktu delapan tahun itu dia menjadi saksi terbakarnya Pasar Kliwon Kudus sebanyak tiga kali. Yakni pada 2017, 2018, dan 2021.

Baca: Berkas-Berkas Nasabah Ludes saat BRI Pasar Kliwon Kudus Kebakaran, BPKB dan Sertifikat Aman

Terbakarnya Pasar Kliwon pada 2017 terjadi di blok C2 yang merupakan blok sembako. Penyebabnya karena korsleting karena ulah tikus si hewan pengerat.

“Ada tikus masuk ke kotak listrik. Tikusnya tidak bisa ke luar. Terus membusuk di dalam dan mati mengeluarkan cairan dan mengenai kabel listrik dan terjadi korsleting,” katanya, Sabtu (15/1/2022).

Kebakaran kembali terjadi pada 2018. Kali ini menimpa blok A1 yang merupakan blok konveksi.

“Kalau di blok A1 penyebabnya saya tidak tahu. Tetapi ada korsleting dan bisa disemprot dengan APAR (Alat pemadam Api Ringan),” ujarnya.

Baca: Pasar Kliwon Kudus Pernah Alami Kebakaran Besar

Sugito menyampaikan kedua kebakaran tersebut masih tergolong kecil. Sedangkan pada Februari 2021 lalu terjadi kebakaran yang cukup besar. Sebab si jago merah melahap satu kios di blok A1 yang merupakan kios konveksi.

“Penyebabnya saya kurang tahu tetapi sepertinya juga korsleting. Apinya muncul dari belakang kios,” sambungnya.

Terbaru, pada Kantor BRI unit yang terletak di Blok D1 Pasar Kliwon, Kudus terbakar, Kamis (13/1/2022). Kerugiannya ditaksir Rp 50 juta. Terdiri dari ruangan kepala unit, ruangan instalasi komputer, dan ruangan mantri atau RM.

“Imbauan kami jangan lupa mematikan listrik saat mau meninggalkan kios sebelum pulang ke rumah. Cek juga untuk kompor-kompor dan jangan lupa dimatikan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...