Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ukir Wajah Karya Difabel Kudus Ini Istimewa, Segini Harganya

Ukiran wajah Ir Soekarno dan Sunan Kalijaga yang telah dibuat Sulikin. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sulikin (25) pemuda difabel di Kudus mampu membuat berbagai karya seni pahat dengan media kayu. Bahkan, Ulik sapaan akrabnya mampu membuat pahatan ukiran wajah custom sesuai permintaan pelanggan.

Ia mengakatan, karya pahatan ukir wajah yang berbahan dasar kayu jati itu, merupakan inovasi terbaru yang dibuatnya. Sebelumnya, ia hanya membuat pahatan patung berbagai karakter.

“Pahatan gambar wajah itu inovasi baru. Jadi sebelum ukir wajah itu buatnya karakter hewan, asbak, sampai karakter pewayangan,” katanya, Sabtu (15/1/2022).

Selama mencoba, dirinya sudah mampu membuat dua ukiran wajah. Ukiran wajah yang berhasil dibuatnya yakni wajah presiden pertama Ir Soekarno, dan Sunan Kalijaga.

Ukiran karakter yang dibuat difabel Kudus dengan gambar Semar. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Menurutnya, pembuatan pahatan ukir kayu wajah lebih mudah dibanding dengan membuat berbagai macam karakter. Ukiran wajah dibuatnya dengan cara membuat sketsa terlebih dahulu dari gambar atau foto yang ada.

“Jadi buatnya itu dengan foto atau gambar. Setelah itu gambar itu diperbesar sesuai ukuran dan ditempelkan ke media kayu dan dibuat sketsanya untuk diukir,” jelasnya.

Baca: Difabel di Kudus Ini Sulap Limbah Mebel jadi Karya Seni Tinggi

Kini dirinya mulai menerima pesanan custom foto wajah sesuai wajah. Harganya sendiri cukup terjangkau, mulai Rp 300 ribu foto wajah seseorang bisa menjadi ukiran kayu yang istimewa.

“Prosesnya sekitar tiga sampai empat hari. Bisa juga foto wisuda dijadikan ukiran kayu bentuk seperti figura, siap custom. Untuk yang ingin memesan bisa hubungi 085701040408,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...