Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Vaksin Booster Mulai Disuntikkan ke Warga Grobogan

Petugas vaksinasi di Grobogan mengecek kesehatan warga sebelum disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Vaksin booster Covid-19 mulai disuntikkan kepada warga Grobogan per Sabtu (15/1/2022) hari ini. Tidak ada seremonial apa pun terkait dimulainya vaksinasi dosis ketiga ini.

Hanya, ada syarat tertentu bagi masyarakat yang menginginkan vaksin booster.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan Slamet Widodo mengungkapkan, ada satu syarat khusus bagi masyarakat yang menginginkan vaksin booster. Syaratnya, yakni jarak dengan vaksin dosis kedua sudah enam bulan.

“Dimulai per hari ini. Untuk syaratnya, yang penting, jarak antara vaksin dosis kedua minimal enam bulan,” tutur Slamet.

Vaksin booster mulai diberikan di Puskesmas Purwodadi 1. Dalam flyer yang diunggah di akun Dinkes Grobogan, tampak ada syarat khusus untuk pemberian vaksin dosis ketiga itu. Yakni harus mendapatkan e-tiket dari PeduliLindungi.

Baca: Vaksinasi di Grobogan Capai 83 Persen

Vaksin booster yang diberikan kepada masyarakat umum per hari ini yakni jenis Moderna. Namun, kata Slamet, seluruh jenis vaksin bisa digunakan untuk vaksin booster. Yang terpenting, syarat jarak enam bulan dari vaksin kedua terpenuhi.

“Semua jenis vaksin bisa untuk booster. Selain syarat jarak enam bulan, syaratnya sama. Yang penting lolos screening, bisa langsung dilakukan,” ujarnya.

Baca: Aksi Kurir Paket di Grobogan Kepergok Mencuri Bikin Geregetan

Meski sudah bisa melakukan vaksin booster, namun prioritas pihaknya yakni vaksinasi dosis kedua. Sebab, angka vaksinasi dosis pertama dan kedua cukup jomplang.

Data yang masuk ke Dinkes hingga Kamis (13/1/2022) malam, secara keseluruhan dosis pertama sudah diberikan kepada 84 persen warga Grobogan dari target 1.140.272 warga. Sedangkan, dosis kedua baru 55 persen.

Dalam sepekan belakangan ini, Dinkes terus menyelenggarakan vaksinasi dosis kedua yang dilaksanakan di berbagai titik. Dalam flyer yang diunggah di media sosial Dinkes, vaksinasi dosis kedua baik Astrazeneca, Sinovac, maupun Pfizer terus digelar.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Ali muntoha

Comments
Loading...