Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Stok Vaksin di Kudus Mencukupi, Sinovac Paling Banyak

Nakes tengah mengambil vaksin Pfizer untuk segera disuntikkan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Kudus memastikan stok vaksin Covid-19 tersedia cukup, baik untuk dosis satu maupun dosis dua. Stok vaksin yang paling banyak adalah jenis Sinovac.

“Untuk stok vaksin di bulan ini masih aman guna mencukupi vaksinasi di semua kategori, yang paling banyak memang Sinovac,” kata Plh Kepala DKK Kudus dr Andini Aridewi, Sabtu (15/1/2022).

Lebih rinci, Andini menyampikan untuk stok vaksin jenis Sinovac ada sekitar 600 ribu dosis. Kemudian untuk vaksin AstraZeneca ada sebanyak 180 dosis dan Pfizer sebanyak 6.160 dosis.

“Masih sangat aman, masyarakat bisa memanfaatkan ketersediaan vaksin ini dengan datang ke fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksinasi,” ujarnya.

Walau demikian, Andini mengimbau kepada masyarakat Kudus untuk tidak pilih-pilih vaksin. Semua jenis vaksin, kata dia, telah melalui sederet uji klinis yang panjang.

Baca: PMI asal Kudus yang Dideportasi Malaysia Sempat Kerja Begini

Sehingga tidak akan membahayakan orang yang menerima vaksinasi tersebut. Justru, vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin apapun akan menambah imunitas tubuh sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Andini juga menambahkan walau telah divaksin, pihaknya berharap masyarakat tidak abai dengan penerapan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

“Protokol kesehatan melindungi diri kita dari Covid-19 dari luar sementara vaksin melindungi kita dari dalam,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...