Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Wow! Potensi Infak ASN di Kudus Capai Rp 5 Miliar

Apel ASN Pemkab Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kudus memperkirakan potensi infak dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kudus tahun 2022 ini sebesar Rp 5 miliar.

Jumlah tersebut berasal dari sekitar 6.000 ASN, baik di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) maupun lembaga vertikal di bawahnya.

“Kami tengah menyisir potensi ini, sehingga penerimaan infak bisa lebih maksimal di tahun ini, hasilnya sekitar Rp 5 miliar,” kata Wakil Ketua Baznas Kudus Noor Badi, Sabtu (15/1/2022).

Pihaknya pun kini tengah berkoordinasi dengan kepala daerah agar bisa memaksimalkan potensi tersebut. Pasalnya saat ini pembayaran infak ASN tidak dipotong langsung dari gaji ASN, melainkan berdasarkan kesadaran diri masing-masing.

“Karena infak ini bermanfaat bagi banyak umat, makanya kami harapkan penerimaan di tahun ini bisa maksimal ,” ujarnya.

Baca: Begal Pembacok Tangan Korban Hingga Putus di Taman Bumi Wangi Jekulo Kudus Ternyata Masih SMP

Pada tahun 2021 sendiri, ujar Noor, penerimaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang terkumpul tercatat sebesar Rp 2,2 miliar. Jumlah tersebut juga termasuk dana ZIS tahun 2020 yang tersisa.

Sementara untuk penyaluran ZIS-nya, sebesar Rp 1,6 miliar. Jumlah tersebut disalurkan melalui berbagai kegiatan, mulai dari santun anak yatim, perbaikan rumah tak layak huni, hingga suntikan dana usaha kecil.

Bantuan yang terbaru, adalah pemberian gerobak bagi para pedagang kaki lima terdampak pandemi, serta pemberian santunan perlengkapan sekolah bagi anak yatim yang terdampak pandemi beberapa waktu lalu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...