Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

31 Penyandang Tunanetra di Grobogan Dapat Tongkat Penuntun Adaptif

31 Penyandang Tunanetra di Grobogan Dapat Tongkat Penuntun Adaptif
Kepala Dinsos Grobogan Edy Santoso (kanan) memberikan tongkat penuntun adaptif kepada salah satu penyandang disabilitas di aula Dinsos. (Murianews/Istimewa).

MURIANEWS, Grobogan – Para penyandang Tunanetra di Grobogan mendapatkan bantuan tongkat penuntun adaptif. Ada 31 orang disabilitas yang mendapatkannya oleh Dinas Sosial (Dinsos).

Tongkat bantuan itu memiliki sensor khusus untuk membantu aktivitas para penyandang tunanetra. Diharapkan para penyandang tunanetra ini dapat beraktivitas lebih baik lagi.

Kepala Dinsos Grobogan Edy Santoso mengungkapkan, sensor di tongkat tersebut bisa medeteksi apabila ada sesuatu yang membahayakan di depannya. Tongkat berbaterai yang bisa dicarger itu akan berbunyi apabila terdapat benda tertentu.

“Ada sensornya (akan aktif) bila di depannya ada halangan. Ada bunyi dan getaran di tongkatnya. Tongkat bisa dicas seperti HP (handphone),” kata Edy, Jumat (14/1/2021).

Baca juga: Dana Desa Grobogan Naik Rp 4 Miliar

Edy menerangkan, bantuan tersebut hadir kepada kaum tunanetra setelah diusulkan ke Kementrian Sosial (Kemensos) melaui UPT Balai Margo Laras. Yakni UPT milik Kemensos untuk wilayah Pati Raya, yaitu Pati, Rembang, Jepara, Kudus, Demak, dan Grobogan.

“Tongkat ini baru diluncurkan tahun lalu. Kami langsung mengusulkan ke Kemensos untuk tahun anggaran 2021 dan disetujui,” tambah Edy.

Menurut Edy, Kabupaten Grobogan, menjadi salah satu daerah yang paling banyak menerima bantuan dari Kemensos.

Sebelumnya, tongkat penuntun adaptif juga telah diberikan Kemensos melaui Balai Margo Laras kepada sejumlah tuna netra di Grobogan. Namun, jumlahnya tak sebanyak saat ini.

“Di November dan Desember (2021, red) kemarin juga banyak bantuan yang disalurkan. Ada untuk anak yatim juga, semua melalui Dinsos. Tapi dari Kemensos tetap ada perwakilan yang ke sini menyerahkan,” kata Edy.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...