Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tolak UU Cipta Kerja, Buruh Unjuk Rasa di Depan DPR

buruh saat melakukan aksi di depan gedung DPR (Foto: Kompas.com)

MURIANEWS, Jakarta- Para buruh yang tergabung dalam Partai Buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR, Selasa (14/1/2022). Mereka menyatakan menolak adanya undang-undang (UU) Cipa Kerja.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, pembahasan revisi UU Cipta Kerja di DPR setelah UU tersebut sudah dinyatakan inskonstitusional bersyarat oleh mahkamah Konstitusi (MK). Maka dengan adanya pembahasan Kembali di DPR, justru akan mengulangi kesalahan yang sama.

“Tidak ada draf, tidak ada sosialisasi dan isinya mengulang kembali apa yg sudah diajukan beberapa tahun lalu yang oleh Mahkamah Konstitusi dinyatakan inkonstitusional bersyarat dan cacat fomal,” kata Said Iqbal dilansir dari Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Baca: UU Cipta Kerja Segera Diperbaiki

Menurutnya, pembahasan tersebut tidak terbuka karena hingga kini masyarakat, khususnya kelompok buruh, belum menerima draf revisi UU Cipta Kerja yang akan dibahas oleh DPR. Said juga meminta agar draf revisi UU Cipta Kerja yang akan dibahas di DPR tidak memuat klaster-klaster yang sebelumnya ditolak oleh buruh, salah satunya klaster ketenagakerjaan.

Baca: Gugatan Buruh soal UU Cipta Kerja Ditolak

Oleh sebab itu, Said menuntut agar DPR mengeluarkan rencana revisi UU Cipta Kerja dari program legislasi nasional (prolegnas). Jika tidak, ia mengeklaim, elemen gerakan buruh akan terus melakukan aksi dan pemogokkan.

“Seluruh Indonesia akan turun ke jalan, kami akan organisir seluruh elemen masyarakat, seluruh gerakan buruh, serikat petani, serikat nelayan dan gerakan sosial lainnya untuk turun ke jalan terus-menerus sampai prolegnas tentang Undang-Undang Cipta Kerja tersebut atau omnibus law di-drop,” ujar Said.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...