Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Keutamaan Hari Jumat dan  Amalan-Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan

Keutamaan Hari Jumat dan  Amalan-Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan
Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus –  Hari Jumat merupakan salah satu hari dalam sepekan. Dalam tuntunan agama Islam, terdapat beberapa keutamaan atau keistimewaan hari Jumat.

Hari Jumat justru menyimpan banyak rahasia mengenai kemuliaannya dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Keutamaan hari Jumat tersebut tak lain disebabkan karena adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah SWT.

Karena kemuliaannya itu, terdapat pahala yang berlipat dari Allah SWT bagi siapa saja yang mau mengerjakan kebajikan pada hari Jumat. Di samping mengerjakan ibadah wajib, umat Islam juga dapat menunaikan beberapa amalan yang disunnahkan pada saat hari Jumat tiba.

Baca juga: Catat! Ini Amalan-Amalan Sunnah di Hari Jumat

Dilansir dari suara.com (30/11/2021), pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang lima amalan hari Jumat dan lima keistimewaan dibaliknya, mari simak!

Amalan Hari Jumat

Mengutip dalam berbagai sumber, berikut adalah beberapa amalan-amalan yang dapat anda lakukan pada hari Jumat, tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan keridhoan dan keberkahan Allah. Mengingat bahwa hari Jumat merupakan hari baik diantara hari-hari lainnya.

1. Memperbanyak Sholawat

Amalan hari Jumat yang pertama adalah memperbanyak Sholawat. Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi yang artinya:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

 

2. Mengamalkan Surat Al-Kahfi

Selanjutnya, amalan hari Jumat yang juga tidak boleh dilewatkan adalah membaca surat Al-Kahfi, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

3. Memperbanyak Zikir dan Doa

Hal ini dijelaskan melalui hadits riwayat Abu Daud yang artinya:

“Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya salawat kalian akan ditampakkan kepadaku”

4. Membaca Surat Yasin dan As-Saffat

Selain surat Al-Kahfi terdapat dua surat lain yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat, yakni surat Yasin dan As-Saffat.

5. Memperbanyak Amal

Amal yang dimaksud dapat berupa sedekah di hari Jumat, dikarenakan “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

 

Keistimewaan Hari Jumat

Setelah mengetahui beberapa amalan hari Jumat yang dapat dikerjakan, umat Islam juga perlu tahu keistimewaan hari Jumat. Berikut adalah beberapa keistimewaan hari Jumat yang perlu anda ketahui:

1. Penciptaan Nabi Adam

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh H.R Muslim, Rasulullah pernah bersabda:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.”

2. Hari Suci

Seperti yang sudah ditekankan di atas bahwasannya hari Jumat menjadi hari paling baik diantara hari-hari lainnya, hal tersebut juga dijelaskan oleh Allah melalui surat Al-Jumu’ah yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

3. Doa Dikabulkan

Dari hadist riwayat Abu Dawud: “Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar.”

4. Pengampunan Dosa

Pada hari ini seluruh umat Muslim saling berlomba untuk beramal baik, tentunya demi mendapatkan ampunan dari Allah SAW, hal ini juga dijelaskan melalui salah satu riwayat HR. Muslim yang artinya:

“Barang siapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.”

 

 

 

Penulis: Chambali
Editor: Dani Agus
Sumber : Suara.com

 

 

 

Comments
Loading...