Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Vaksinasi di Grobogan Capai 83 Persen

Vaksinasi di Grobogan Capai 83 Persen
Salah satu ibu hamil saat mengikuti vaksinasi di Puskesmas Toroh, Jumat (14/1/2022). (Murianews/Saiful Anwar).

MURIANEWS, Grobogan – Capaian vaksinasi di Grobogan telah mencapai 83 persen per 13 Januari 2022 untuk dosis pertama. Sementara, untuk dosis kedua total 55,2 persen. Bila dirata-rata, angka vaksinasi total berada di angka 69,8 persen.

Dalam data yang disajikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan, angka vaksinasi ibu hamil baru sebanyak 479 orang untuk dosis pertama dan 451 orang untuk dosis kedua. Padahal, vaksinasi untuk para ibu hamil sudah dimulai sejak 19 Agustus 2021 lalu.

Menurut Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo, angka capaian untuk ibu hamil telah dimasukkan ke masyarakat umum, sehingga bukan data terkini. “Yang ibu hamil sudah masuk umum, jadi tidak di-update,” terang Slamet.

Meski begitu, dalam pelaksanaan di lapangan, kuota untuk ibu hamil masih dikhususkan. Hal itu seperti vaksinasi di Puskesmas 1 Toroh, pada Jumat (14/1/2022). Sejumlah warga laki-laki ditolak saat akan mendaftar untuk vaksinasi.

Baca juga: WOW! Anggaran Dinas Pendidikan Grobogan Paling Tinggi, Segini Jumlahnya

“Maaf, ini khusus ibu hamil,” kata seorang petugas vaksinasi di Puskesmas Toroh.

Petugas yang menolak menyebutkan namanya menyatakan tidak membatasi jumlah kuota ibu hamil yang akan divaksin. Vaksinasi digelar sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Hingga pukul 10.00, sejumlah ibu hamil pun masih berdatangan. Vaksin yang digunakan yakni jenis Sinovac.

Para ibu hamil tampak antusias mengikuti vaksinasi tersebut. Salah satu ibu hamil, Rahmania mengaku awalnya ragu dengan pelaksanaan vaksinasi. Namun, karena banyak ibu hamil yang sudah vaksin dan ternyata memang aman, dia pun akhirnya berani divaksin.

“Sampai tadi malam masih ragu. Tapi kan sudah banyak yang divaksin dan baik-baik saja. Alhamdulillah setelah disuntik ternyata memang aman,” kata dia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...