Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dana Desa Grobogan Naik Rp 4 Miliar

Dana Desa Grobogan Naik Rp 4 Miliar
Kepala Dispermades Grobogan Sanyoto. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, GroboganDana Desa (DD) Kabupaten Grobogan naik sekitar Rp 4 miliar di 2022 ini. Pada tahun sebelumnya, Grobogan mendapat Dana Desa sekitar Rp 303 miliar, kini jadi Rp 307 miliar.

Dari total anggaran itu, sebanyak 40 persennya wajib digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT). Kemudian, 20 persennya untuk ketahanan pangan dan 8 persen untuk penanganan Covid-19 di desa.

“Itu kan kalau ditotal baru 68 persen. Sisanya, 32 persen bisa dimusyawahkan untuk kepentingan pembangunan desa,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Grobogan Sanyoto, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Jokowi: Hati-Hati Kelola Dana Desa

Sanyoto menerangkan, penggunaan anggaran yang bisa dimusyawarahkan itu antara lain bisa untuk penanganan stunting dan kegiatan padat karya terpadu desa. Atau juga untuk program kesehatan Grobak Manak (Grobogan Bersama Atasi Kematian Emak dan Anak), program yang ditujukan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Tentu tetap harus pakai mekanisme musdes (musyawarah desa). Dirembuk di desa masing-masing mana yang terbaik untuk menyejahterakan masyarakat,” tambah Sanyoto.

Pada 2021 lalu, Grobogan mendapatkan penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jateng sebagai kabupaten terbaik dalam kinerja pengelolaan DD. Diharapkan, penghargaan serupa bisa diraih kabupaten terluas kedua di Jateng ini.

“Ini sampai hari ini, sudah ada 85 desa yang siap pencairan. Ini seperti tahun lalu. Padahal dari Kementerian Keuangan belum siap. Tapi desa sudah siap penyaluran,” tambahnya.

Menurut Sanyoto, keberhasilan itu tak lepas dari semangat dan sinergi yang baik mulai dari pemerintah desa, kecamatan, hingga dinas yang dipimpinnya sendiri. Dinas dan kecamatan memang selau mendorong desa agar segera membuat dokumen pencairan DD. Alhasil, pencairan pun bisa segera dilakukan.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...