Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kapal Tongkang PLTU TJB Terdampar di Dekat Pantai Sekembu Jepara

Kapal Tongkang PLTU TJB Terdampar di Dekat Pantai Sekembu Jepara
Kondisi terkini kapal tongkang yang sengaja dikandaskan di dekat Pantai Sekembu Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sebuah kapal tongkang milik PLTU Tanjung Jati B (TJB) terdampar di dekat bibir Pantai Sekembu, Kecamatan Mulyoharjo, Kabupaten Jepara. Diduga, kapal itu sengaja dikandaskan di dekat bibir Pantai Sekembu.

Kapal tongkang itu kandas di sekitar 300 meter dari bibir Pantai Sekembu. Salah satu sisi ujungnya tenggelam. Beberapa awak buah kapal terlihat sedang beraktivitas di atas kapal tongkang.

Kepala Syahbandar Kabupaten Jepara, Subuh Fachurrohman, menyatakan kapal tersebut kandas sejak kemarin (12/1/2022). Rencananya, PLTU TJB akan menarik kapal tongkang bernama BG.DKU 12 itu menggunakan tug boat TB Dondang dan TB Berkah Pandan Aran menuju Semarang untuk diperbaiki.

Baca juga: Puluhan Warga Berburu Batu Bara di Pantai Sikembu Jepara, Diduga dari Tongkang yang Dihantam Ombak

“Itu kapal tongkang dari PLTU (PLTU TJB, red) dengan tujuan Semarang untuk perbaikan. Tiba-tiba trouble. Sehingga Tug Boat TB Dondang tak bisa mengendalikan. Lalu dikandaskan untuk lebih safety,” terang Subuh, Kamis (13/1/2022).

Saat kejadian itu, lanjut Subuh, kondisi cuaca memang sedang buruk. Ombak di sekitar perairan Jepara saat itu bahkan mencapai 2,5 meter.

Pihaknya menambahkan, saat ini kapal masih dibiarkan kandas di lokasi semula. Sebab, pemilik kapal tongkang masih menunggu cuaca membaik untuk bisa melakukan evakuasi dan melanjutkan perjalanan.

“Setelah cuaca bagus nanti akan dievakuasi. Kami sudah menyusun rencana dengan owner (pemilik kapal tongkang, red) agar dalam evakuasi tidak terjadi kerusakan lingkungan maupun kapal tongkang itu sendiri,” pungkas Subuh.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...