Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi Booster Sudah Bisa Dilakukan di Kudus, Tapi…

Vaksinasi Booster Sudah Bisa Dilakukan di Kudus, Ini Penjelasannya
Sentra vaksinasi KPSG Sukun Group (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, KudusVaksinasi Booster ternyata sudah bisa dilakukan di Kabupaten Kudus. Sebab, Kudus telah memenuhi syarat. Kini Pemkab mulai menyiapkan skema pelaksanaannya.

Hanya saja, ketersediaan vaksin guna pemenuhan dosis ketiga itu belum ada. Akibatnya, vaksinasi booster dimungkinkan baru bisa berjalan jika ketersediaan vaksin sudah ada.

“Untuk vaksinasi booster Kudus sebenarnya sudah masuk kriteria, seperti capaian vaksin kumulatif dan capaian lainnya. Hanya kami masih menunggu ketersediaan vaksinnya,” kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Jenis Vaksin yang Digunakan untuk Vaksin Booster

Andini menjelaskan, ada lima jenis vaksin yang dianjurkan untuk vaksinasi booster, yakni Sinovac, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, dan Zifivax. Semuanya merupakan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). “Penyuntikannya memang hanya satu dosis ya,” imbuh dia.

Terkait sasaran yang akan divaksinasi booster, adalah pada kategori lanjut usia (lansia) dan masyarakat dengan pekerjaan rentan terpapar Covid-19.

“Namun jarak vaksinnya antara dosis dua ke dosis tiga harus sudah enam bulan, kalau belum enam bulan tetap belum bisa,” ujarnya.

Sembari menunggu alokasi vakson untuk booster, Pemkab Kudus masih terus mengejar capaian vaksinasi di kategori lansia dan anak. Dengan begitu kekebalan kelompok bisa semakin terbentuk.

Andini menyampaikan, berdasar data per Rabu (12/1/2022), capaian di dua kategori tersebut terus merangkak naik. Untuk lansia capaian di dosis pertama adalah sebanyak 62,67 persen. Sementara untuk capaian pada kategori anak di dosis pertama adalah sebesar 64,12 persen.

Sementara capaian vaksinasi secara keseluruhan di Kabupaten Kudus adalah sebesar 85,46 persen dan pada dosis dua adalah sebesar 64,46 persen.

“Kami memang sengaja mengebut capaian vaksinasi anak dan lansia di Bulan Januari ini agar nanti vaksinator bisa fokus untuk vaksin booster,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...