Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cuaca Buruk, Kapal Jepara-Karimunjawa Dilarang Berlayar

Cuaca Buruk, Kapal Jepara-Karimunjawa Dilarang Berlayar
Para penumpang kapal Express Bahari saat sebelum terjadi cuaca buruk. (MURIANEWS/Faqih Mansyur Hidayat)

MURIANEWS, JeparaCuaca buruk yang terjadi membuat Syahbandar Kabupaten Jepara menerbitkan larangan pelayaran dari dan ke Jepara-Karimunjawa. Itu disampaikan Kepala Syahbandar Jepara, Subuh Fachurrohman, Kamis (13/1/2022).

Setiap hari, pihaknya melakukan monitoring cuaca secarang langsung melalui Stasiun Radio Pantai Jepara. Juga melalui kapal-kapal yang melintasi perairan Jepara. Hasilnya dari laporan para nelayan, ombak memang cukup tinggi.

Menurutnya, sejak Senin (10/1/2022), cuaca sudah terpantau buruk. Bahkan ketinggian ombak di perairan Jepara mencapai 1,5 meter sampai 2,5 meter.

“Untuk itu kami menerbitkan larangan berlayar atau menunda berlayar karena cuaca buruk, sehingga kapal-kapal ekspress dan kapal-kapal dengan draf di bawah 2,5 meter untuk menunda keberangkatannya. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” jelas Subuh.

Baca juga: Cuaca Buruk, Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditutup Sejak Jumat Pekan Lalu

Subuh menyampaikan, kapal-kapal yang dimaksudnya yaitu seperti kapal pengangkut penumpang dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa atau sebaliknya.

Subuh menerangkan, pada pagi hari memang terkadang cuacanya tidak terlalu buruk. Namun, memasuki siang hari, cuaca berubah menjadi buruk. Akibatnya, ombak menjadi tinggi dan laut menjadi ancaman bagi pelaku pelayaran.

“Sampai sekarang ketinggian ombak masih berkisar antara 1,5-2,5 meter. Hari ini (pukul 10.00 WIB, red) agak melandai, tapi biasanya mulai siang, biasanya angin mulai bertiup dengan kencang. Kami harap penundaan ini bisa dimaklumi, karena memang cuacanya tidak mendukung untuk dilakukan pelayaran,” tegas Subuh.

 

Reporter: Faqih Mansyur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...